ADVERTISEMENT

Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth Katanya Tembus Rp 136 Miliar

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 17:27 WIB
The coffin of Queen Elizabeth II is placed on a gun carriage during her funeral service in Westminster Abbey in central London Monday Sept. 19, 2022.The Queen, who died aged 96 on Sept. 8, will be buried at Windsor alongside her late husband, Prince Philip, who died last year. (AP Photo/Emilio Morenatti,Pool)
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II/Foto: AP/Emilio Morenatti
Jakarta -

Ratu Elizabeth II dimakamkan hari ini. Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth terbilang yang paling akbar pada tahun ini.

Berapa biayanya?

Dikutip dari Fullfact, Senin (19/9/2022), sebenarnya tak ada angka pasti yang diketahui mengenai berapa total biaya pemakaman Ratu Elizabeth II.

Saat ini, banyak spekulasi bermunculan di media juga sosial media soal berapa biaya tersebut. Biaya akan dibayarkan oleh negara.

Tak ada pula perhitungan yang bisa dipertanggungjawabkan. Namun, saat ini angka yang bermunculan mulai dari 8 juta hingga 6 miliar pound sterling. Angka tersebut setara Rp 136 miliar sampai Rp 102 triliun (kurs: Rp 17.000/pound sterling).

"Kita tidak bisa menemukan sumber yang terpercaya soal perkiraan biaya pemakaman sang ratu. Namun kami melihat bukti yang paling baik mengenai prosesi pemakaman akbar pada waktu lalu. Biayanya sekitar 8 juta pound sterling," katanya.

"Prosesi pemakaman ratu bisa dibilang lebih besar, dan bisa jadi lebih mahal. Namun bila ada yang menyebutnya menghabiskan miliaran pound sterling, nampaknya terlalu berlebihan," tambahnya.

Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. Seremoni membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey telah dimulai. Raja Charles III dan ketiga saudaranya berjalan kaki di belakang peti jenazah yang dibawa dengan kereta meriam tersebut.

Seperti dilansir The Guardian dan CNN, Senin (19/9/2022), peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa oleh personel 1st Battalion Grenadier Guards, yang merupakan pengawal pribadi Ratu Inggris. Sebanyak 12 tentara terbaik dari unit itu dipilih untuk membawa peti jenazah mendiang Ratu Inggris.

Dalam prosesi ini, keempat anak Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, mengikuti di belakang peti dengan berjalan kaki. Pangeran William dan Pangeran Harry, kedua anak Raja Charles III, juga ikut berjalan di belakang peti.



Simak Video "Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT