Kemendag Pede Seminggu Lagi Harga Cabai Mulai Turun

ADVERTISEMENT

Kemendag Pede Seminggu Lagi Harga Cabai Mulai Turun

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 13:58 WIB
cabai rawit di surabaya
Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Kementerian Perdagangan meyakini seminggu atau 10 hari ke depan harga cabai mulai turun. Hal itu diyakini karena sejumlah daerah sudah masuk akhir masa panen.

"Cabai itu tunggu, Insyaallah seminggu atau 10 hari ke depan (turun) karena sudah mulai produksi akhir masa panen. Cabai keriting sama cabai merah besar ya," kata Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra, kepada detikcom, Selasa (20/9/2022).

Sedangkan untuk cabai rawit merah, Syailendra belum bisa memprediksi kapan akan mengalami penurunan. Padahal komoditas itu saat ini tengah mengalami kenaikan harga. Harga cabai rawit merah naik pekan ini sebelumnya sempat Rp 60.000/kg sekarang menjadi Rp 70.000/kg.

"Kalau cabai rawit merah itu produksinya masih soft ya, tapi sudah ada pemetaan produksi siap panen dan rencana panen," ujarnya.

Dalam catatannya, saat ini sudah akhir masa panen cabai merah besar. Total lahan yang siap panen itu sebanyak 814 hektare (ha), yang terdiri dari wilayah Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Kediri.

Kemudian sudah dipetakan juga rencana tanam pada musim penghujan yang totalnya sebanyak 1.505 ha di berbagai wilayah. Mulai dari Kabupaten Kediri, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lumajang.

Untuk cabai rawit merah yang sudah siap panen sebanyak 5.111 ha, baik wilayah dataran tinggi maupun rendah. Wilayahnya, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember,Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Banyuwangi.

Dalam catatan Syailendra, bulan September ini produksi cabai berkisar 147 sampai 160 ton per hari. Panen serempak akan terjadi pada minggu ketiga bulan Oktober sampai awal Desember.

"Panen rata pertengahan November sampai Januari 2023, pada saat panen raya produksi sekitar 190-240 ton/hari," tutupnya.

Berdasarkan data Informasi Pangan Jakarta, harga cabai rawit merah saat ini rata-rata Rp 72.914/kg, naik Rp 3.723. Sementara harga cabai merah keriting turun Rp 1.851/kg dari harga kemarin menjadi Rp 72.510/kg, kemudian harga cabai merah besar Rp 73.933 turun hanya Rp 400, dan harga cabai rawit hijau Rp 51.319/kg.

Simak juga Video: Buntut Kenaikan BBM, Harga Cabai di Kulon Progo Ikut-ikutan Meroket

[Gambas:Video 20detik]



(ada/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT