ADVERTISEMENT

Di Balik Nyamannya Pelayanan KAI, Ada Petugas yang Siap Melayani

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 10:33 WIB
PT KAI
Foto: PT KAI
Jakarta -

Buat yang hobi naik kereta api, pasti sering menjumpai petugas-petugas yang selalu siap melayani baik di stasiun maupun di dalam kereta api. Mereka ini adalah petugas dari Kereta Api Indonesia (KAI) yang menjadi wajah pelayanan kereta api, baik di stasiun maupun di kereta.

"Segala pengorbanan dan jerih payah seluruh insan KAI ini kami dedikasikan kepada pelanggan. Kami berharap dapat menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa transportasi kereta api sebagai pilihan utamanya, yuk naik kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Nah, siapa saja sih para petugas yang siap memberikan layanan terbaik bagi para pengguna jasa kereta api? Yuk, kenalan sama mereka.

1. PKD (Petugas Keamanan Dalam)

PKD memiliki tanggung jawab atas keamanan stasiun. Seorang PKD bertugas untuk mengontrol kondisi stasiun. Mereka juga mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kepada penumpang yakni memberikan informasi yang akurat bila penumpang bertanya.

Oleh karena itu, seorang PKD juga dibekali dengan pengetahuan seputar fasilitas di stasiun dan jadwal keberangkatan kereta api. Apabila ada kejadian yang mengganggu keamanan dan keselamatan di stasiun, pengguna kereta api bisa menghubungi PKD yang bertugas.

2. Customer Service on Station (CSOS)

CSOS memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun. CSOS harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan.

Jika pengguna kereta api membutuhkan informasi terkait layanan, program-program KAI, keluhan, saran, serta kritik, pengguna kereta api dapat menemui petugas CSOS.

3. Porter

Meski porter bekerja di lingkungan stasiun kereta api, jasa porter tidak dikelola langsung oleh KAI. Status pekerjaan porter di stasiun adalah freelance atau pekerja lepas yang dikoordinasikan oleh seorang ketua.

Namun, kehadiran porter dinilai sangat membantu. Kalau pengguna kereta api membawa barang berat dan memerlukan bantuan, bisa meminta tolong petugas porter yang ada di lingkungan stasiun ya.

4. Petugas Boarding

Sebelum menuju peron dan naik ke kereta, pengguna kereta api wajib bertemu dengan petugas ini. Petugas boarding bertugas mengecek identitasmu dan berkas syarat perjalanan lainnya saat akan naik kereta api.

Jika cocok, maka pengguna kereta api akan lolos boarding dan dapat menuju ke tahapan selanjutnya, yakni peron kedatangan kereta api. Kepada petugas boarding, pengguna kereta api bisa bertanya terkait jadwal maupun posisi jalur kedatangan kereta saat di stasiun.

5. Prama dan Prami

Prami dan prama atau pramugari atau pramugara kereta api, begitulah panggilan mereka bisa ditemui saat pengguna kereta api hendak naik kereta dan selama perjalanan.

Mereka bertugas menyambut para pelanggan yang akan masuk ke dalam kereta, menyajikan makanan dan minuman selama perjalanan, dan membagikan fasilitas seperti masker dan selimut untuk pelanggan. Mereka akan selalu siap melayani dengan ramah.

6. Polsuska

Polsuska memiliki tanggung jawab yang besar, di antaranya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja baik di kereta api, stasiun, objek-objek vital milik KAI, jalur, dan aset-aset KAI.

Polsuska juga membantu kondektur dalam menangani permasalahan keamanan dan ketertiban di kereta api, seperti mengingatkan jika ada pelanggan yang berada di bordes dan memintanya untuk kembali ke kabin penumpang, memastikan tidak ada pelanggan yang melanggar aturan atau melakukan hal yang dapat mengganggu penumpang lain selama dalam perjalanan.

Jika pengguna kereta api kehilangan barang atau tertinggal di stasiun maupun di kereta api, bisa meminta bantuan kepada polsuska ini.

PT KAIPT KAI Foto: PT KAI

7. Kondektur

Selama melakukan perjalanan dengan kereta api, pastinya pelanggan sering berpapasan dengan sosok yang ramah dan selalu tersenyum bukan? Ya, sosok tersebut adalah kondektur kereta api yang biasa menyapa dan mengecek tiket pelanggan.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang kondektur harus mampu berinteraksi dengan pelanggan termasuk untuk menerima masukan maupun keluhan. Kondektur juga memiliki wewenang untuk menyelesaikan keluhan pelanggan saat dalam perjalanan kereta api.

Apabila butuh informasi atau ingin menyampaikan keluhan, pengguna kereta api bisa menghubungi nomor telepon yang tertera pada dinding setiap ujung kereta.

8. On Trip Cleaning

Petugas On Trip Cleaning yang selanjutnya disebut Petugas OTC adalah Petugas yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kereta api dan menjaga fasilitas/peralatan dalam kereta maupun di toilet kereta api selama dalam perjalanan.

Bila dalam perjalanan pengguna kereta api membutuhkan petugas kebersihan, petugas OTC langsung siap melayani.

Seorang OTC harus cekatan, tanggap, dan sopan. Apabila ada yang terlihat kotor langsung segera bersihkan tanpa harus pelanggan yang meminta duluan.

9. Teknisi Kereta Api

Dalam setiap perjalanan kereta api, ada satu petugas yang tugasnya untuk menjamin keamanan perjalanan, dengan menjaga keandalan sarana kereta yang pengguna kereta api naiki. Adalah Teknis Kereta Api (TKA), petugas yang mengoperasikan dan melakukan perbaikan ringan terhadap fasilitas kereta api.

Tugas panjang seorang TKA dimulai dari sebelum rangkaian kereta api dilangsir di peron stasiun sampai dengan di stasiun tujuan dan saat terjadi peristiwa luar biasa hebat.

Pada saat kereta api berjalan, beberapa tugas TKA adalah mengontrol kondisi kereta seperti genset, lampu, dan pendingin udara. TKA juga bertanggung jawab melakukan perbaikan jika terjadi kondisi rusak ringan pada rangkaian kereta.

Jika selama perjalanan ada keluhan terkait AC kurang dingin, reclining seat tidak berfungsi dengan semestinya, atau perbaikan-perbaikan kecil lainnya, pengguna kereta api bisa meminta bantuan kepada TKA yang bertugas.

Keberadaan TKA merupakan upaya KAI yang memprioritaskan keselamatan perjalanan agar pelanggan dapat merasakan kenyamanan dan menikmati pelayanan prima sampai stasiun tujuan.



Simak Video "PT KAI Kecam Aksi Pelemparan Batu ke Kereta di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT