36 Kontainer Minyakita Dikirim ke Maluku dari Surabaya

ADVERTISEMENT

36 Kontainer Minyakita Dikirim ke Maluku dari Surabaya

Dea Duta Aulia - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 17:36 WIB
Kemendag
Foto: dok. Kemendag
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas 36 kontainer Minyakita di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur menuju Maluku Utara melalui tol laut, hari ini. Rencananya Minyakita akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Kegiatan percepatan pendistribusian Minyakita ini dilaksanakan melalui kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, BUMN Pangan, pemerintah daerah, dan pelaku usaha.

"Pelepasan 36 kontainer Minyakita dengan memanfaatkan program Gerai Maritim hari ini merupakan upaya Kemendag dalam melakukan percepatan pendistribusian Minyakita ke seluruh Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga minyak goreng di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah timur Indonesia. Pemanfaatan program Gerai Maritim bersinergi dengan pemanfaatan Tol Laut ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP)," kata Zulkifli dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Ketum PAN ini menuturkan Kemendag menggandeng ID FOOD serta melibatkan PT Mahesi Agri Karya dan PT Priscolin sebagai penyedia Minyakita. Adapun pengiriman ini dilakukan melalui Trayek 10 dengan menggunakan KM Logistik Nusantara 5 sebanyak 36 kontainer atau 607 ton atau setara sekitar 674.400 liter dengan PT Pelni (Persero) sebagai operator.

Pada tahap pertama, ia menuturkan pihaknya telah mengirim sebanyak 40 kontainer setara 744.000 liter dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Kupang, Timika, dan Merauke. Proses pendistribusian ini juga tidak terlepas dari program Gerai Maritim yang bersinergi dengan pemanfaatan Tol Laut ke daerah 3T.

"Harapan kami agar semua pihak dapat bekerja sama dalam memaksimalkan percepatan pendistribusian Minyakita ini sehingga minyak goreng dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET)," jelasnya.

Ia turut menyampaikan apresiasi ke sejumlah pihak yang turut memproduksi hingga mendistribusi Minyakita kepada masyarakat.

"Selain itu, agar dapat mencapai tujuan utama yaitu stabilitas ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok di seluruh wilayah Indonesia," tutupnya.



Simak Video "Kata Jokowi soal Zulhas Promosi Anaknya saat Bagikan Minyak Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT