KKP Ajak Rusia Perkuat Kerja Sama Ekspor Perikanan Indonesia

ADVERTISEMENT

KKP Ajak Rusia Perkuat Kerja Sama Ekspor Perikanan Indonesia

Atta Kharisma - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 13:37 WIB
KKP
Foto: KKP-Sekjen KKP Antam Novambar bertemu dengan Head of the Russian Federal Agency for Fisheries Ilya Shestakov di Saint Petersburg, Jumat (23/9)
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pertemuan bilateral dengan Russian Federal Agency For Fisheries Ilya Shestakov di Saint Petersburg, Jumat (23/9) waktu setempat. Pertemuan yang dilakukan di sela-sela The V Global Fishery Forum & Seafood Expo Russia itu membahas tentang penguatan kerja sama perdagangan produk perikanan Indonesia dengan otoritas Rusia.

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar menyampaikan upaya tersebut dilakukan guna mendongkrak nilai ekspor perikanan ke negara tersebut. Menurutnya, komoditas perikanan Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pasar di Rusia.

"Indonesia memiliki komoditas perikanan unggulan yang dapat mengisi kebutuhan pasar perikanan Rusia seperti udang dan rumput laut," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (25/9/2022).

Antam menerangkan pihaknya meminta kesepakatan penguatan kerja sama perdagangan produk perikanan antara kedua negara bisa dikebut. Sehingga, penandatanganan dokumen dapat dilaksanakan di sela-sela kegiatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

Terkait kerja sama tersebut, Shestakov mengungkapkan Rusia memiliki teknologi satelit pengawasan kapal penangkap ikan yang dapat dimanfaatkan untuk menerapkan kebijakan penangkapan ikan.

"Kami dapat jajaki kerjasama lebih lanjut terkait alih teknologi pengembangan satelit pengawasan karena sangat dibutuhkan dalam menerapkan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota," ucap Shestakov.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Ishartini mengatakan Rusia menjadi salah satu pasar potensial bagi ekspor produk perikanan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami akan fasilitasi penjajakan peluang ekspor produk perikanan Indonesia yang dibutuhkan oleh industri perikanan Rusia," pungkasnya.

Selain membahas kerja sama produk perikanan, delegasi KKP juga melakukan kunjungan ke salah satu unit pengolahan ikan di Rusia yang memproduksi olahan ikan dan rumput laut.

Sebagai informasi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menginstruksikan jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja ekspor produk perikanan. Ia juga terus mengembangkan komoditas unggulan untuk mendukung kinerja ekspor perikanan Indonesia.



Simak Video "KKP Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 30 M ke Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT