Ngeri! Jokowi Sebut 19.600 Orang/Hari Mati Karena Krisis Pangan

ADVERTISEMENT

Ngeri! Jokowi Sebut 19.600 Orang/Hari Mati Karena Krisis Pangan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 10:10 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kondisi di banyak negara yang sedang sulit. Bahkan menurutnya belasan ribu orang per hari meninggal karena krisis pangan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka BUMN Startup Day di ICE BSD, Tangerang, Senin (26/9/2022).

"Sekarang ini saya baru dapat angka 19.600 orang setiap hari mati kelaparan karena krisis pangan tapi itu dunia," kata Jokowi.

Jokowi awalnya mengatakan, dunia pada posisi yang tidak gampang. Lembaga-lembaga internasional menyampaikan tahun 2022 merupakan tahun yang sangat sulit. "Tahun depan mereka menyampaikan akan lebih gelap," katanya.

Ia pun bercerita mengenai pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berdiskusi selama 2,5 jam. Ia juga bercerita mengenai pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang memakan waktu 1,5 jam.

Dari situ, Jokowi menyimpulkan jika perang masih akan lama. Akhirnya menambah parah kondisi perekonomian di banyak negara.

"Saya menyimpulkan, perang tidak akan segera selesai, akan lama. Itu akan berakibat kepada kesulitan-kesulitan yang lain, krisis pangan, krisis energi, krisis finansial, COVID yang belum pulih dan akibatnya kita tahu," jelasnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT