Sering Dipakai Lukas Enembe, Berapa Tarif Naik Jet Pribadi?

ADVERTISEMENT

Sering Dipakai Lukas Enembe, Berapa Tarif Naik Jet Pribadi?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 13:24 WIB
Jet Pribadi Gulfstream
Ilustrasi Jet Pribadi/Foto: (Gulfstream)
Jakarta -

Gubernur Papua Lukas Enembe lagi-lagi menjadi sorotan terutama setelah Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terus mengungkap temuan terkait kasus yang menyangkut dirinya. Terbaru, MAKI membeberkan rute perjalanan jet pribadi Gubernur Papua itu.

Perjalanan ke luar negeri ini diungkap oleh Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (25/9/2022). Lukas Enembe disebut 3 kali menggunakan jet pribadi

Selain terbang ke Singapura dan Malaysia, Lukas sempat terbang ke Jerman. Namun Boyamin tak mengetahui soal aktivitas Lukas di Jerman.

"Ke Jerman kita tidak tahu apakah di sana juga judi dan apakah ada izin dari Mendagri," ujar Boyamin.

Kerap terbang menggunakan jet pribadi, berapa biaya yang perlu diperlukan Lukas Enembe untuk menikmati layanan tersebut?

Diketahui bahwa pesawat jet dapat disewakan secara pribadi tergantung dengan kebutuhan penyewa. Di Indonesia sendiri, banyak jenis pesawat yang dapat disewakan mulai jet pribadi, helikopter, hingga pesawat kecil.

Jenis yang disewakan pun beragam, misalnya pesawat jet pribadi terdiri atas beberapa tipe seperti Beechjet 390 Premier 1, Gulfstream 550, hingga King Air B200. Pesawat jet tersebut dapat mengangkut mulai dari empat hingga 18 orang penumpang dalam satu kali perjalanan.

Sementara, untuk harga penyewaannya sendiri tentu akan sangat bergantung pada jenis pesawat dan rute penerbangannya.

Sebagai contoh, berdasarkan catatan detikcom, tarif penerbangan jet dari Jakarta ke Bali berada di kisaran US$ 21 ribu, bila dikonversi dengan kurs terkini maka saat ini harganya Rp 315 juta (kurs Rp 15.000).

Dengan harga segitu, penumpang dapat menikmati penerbangan ekslusif dengan pesawat Hawker 400 dengan kapasitas penumpang 6 orang. Tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Masih ada dua pilihan pesawat jet pribadi lainnya. Bila ingin menggunakan Hawker 800 dengan kapasitas 8 orang, tarifnya sebesar US$ 28 ribu atau sekitar Rp 420 juta. Lalu, untuk pesawat Legacy 600 dengan kapasitas 13 orang tarifnya sebesar US$ 38 ribu atau sekitar Rp 570 juta.

Ada juga penerbangan Jakarta ke Labuan Bajo, dengan Hawker 400 biayanya US$ 35 ribu atau sekitar Rp 525 juta. Kemudian, untuk model pesawat Hawker 800 tarifnya sebesar US$ 41 ribu atau sekitar Rp 615 juta.

Lalu, untuk pesawat jenis Legacy 600 tarifnya sebesar US$ 52 ribu atau sekitar Rp 780 juta. Sama seperti ke Bali, tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

Selain penerbangan domestik, Indojet juga menawarkan jet pribadi ke luar negeri. Salah satu rutenya adalah Jakarta-Singapura.

Dengan pesawat Hawker 400 biayanya US$ 22 ribu atau sekitar Rp 330 juta. Kemudian, untuk model pesawat Hawker 900 tarifnya sebesar US$ 30 ribu atau sekitar Rp 450 juta. Lalu, untuk pesawat jenis Legacy 600 tarifnya sebesar US$ 39 ribu atau sekitar Rp 585 juta.

Selanjutnya, untuk pesawat Gulfstream G150 dengan penumpang 7 orang tarifnya mencapai US$ 25 ribu atau sekitar Rp 375 juta. Terakhir, untuk pesawat Gulfstream G550 dengan kapasitas penumpang 16 orang harganya menyentuh Rp 44 ribu atau sekitar Rp 660 juta.

Tarif-tarif sebesar itu digunakan untuk penerbangan bolak-balik Jakarta ke Singapura dan belum termasuk pajak dan juga biaya protokol COVID-19.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT