ADVERTISEMENT

336 Startup RI Terima Kucuran Modal dari BUMN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 13:34 WIB
ilustrasi startup
Foto: Internet
Jakarta -

Perusahaan pelat merah turut berkontribusi dalam pengembangan perusahaan rintisan atau startup. Pengembangan ini dilakukan melalui venture capital atau modal ventura BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sejak awal pihaknya memiliki venture capital yang tersebar di BUMN. Hingga saat ini, venture capital ini telah berinvestasi ke 336 startup. Startup-startup itu ada yang berstatus soonicorn (startup yang berpotensi menjadi unicorn) maupun unicorn.

"Kalau bapak ingat juga bagaimana sejak awal juga BUMN sudah mempunyai venture-venture capital, ada Mandiri Capital, BNI Ventures, ada Telkom, ada Telkomsel dan yang terakhir BNI saya minta untuk membuat venture capital," kata Erick di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara BUMN Startup Day, Senin (26/9/2022).

"Dan venture capital yang ada di BUMN ini sudah berinvestasi kepada 336 startup yang memang kalau dilihat hari ini banyak juga yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn Bapak," jelasnya.

Selain itu, Erick melanjutkan, Merah Putih Fund juga telah diluncurkan untuk mendukung pengembangan startup. Merah Putih Fund sendiri akan berinvestasi pada startup yang valuasinya relatif cukup besar.

Dalam memberikan investasi, Erick Thohir menyampaikan sejumlah syarat antara lain pendirinya orang Indonesia dan mesti beroperasi di Indonesia.

"Merah Putih Fund kita hadir, kita masuk ke investasi di situ tetapi dengan catatan foundernya orang Indonesia, perusahaannya harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia, dan bisa tentunya diprioritaskan untuk go public di Indonesia," katanya.



Simak Video "Mitos dan Fakta Seputar Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT