Kabar Baik buat Startup Pertanian, BUMN Siapkan Kucuran Modal

ADVERTISEMENT

Kabar Baik buat Startup Pertanian, BUMN Siapkan Kucuran Modal

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 16:54 WIB
ilustrasi startup
Ilustrasi Startup. Foto: Internet
Jakarta -

PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan MDI Venture yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) untuk mendukung pengembangan startup di sektor pertanian. Lewat kerja sama ini akan dibentuk Agrifund yang nantinya bisa berinvestasi di startup sektor pertanian.

Penandatanganan HoA antara Pupuk Indonesia dengan MDI Ventures dilaksanakan di ICE BSD, Tangerang dalam rangkaian acara BUMN Startup Day 2022.

"Kerja sama Pupuk Indonesia ini merupakan sinergi antara Pupuk Indonesia dengan MDI Ventures untuk memperkuat sektor dan industri pertanian secara komprehensif di Indonesia dari hulu ke hilir,"kata Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Pada kerjasama ini juga membuka peluang bagi perusahaan BUMN sektor lainnya bergabung sebagai investor pada Agrifund.

"Kerja sama bisnis antara BUMN dengan startup melalui Perusahaan Modal Ventura (PMV) Agrifund milik BUMN ini selanjutnya diharapkan menjadi roda penggerak pertanian demi ketahanan pangan Indonesia," ungkap Bakir.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ekonomi digital Indonesia akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030 yakni mencapai Rp 4.500 triliun atau setara 40% dari total ekonomi yang ada di Asia Tenggara. Nilai potensi tersebut diharapkan bisa dioptimalkan oleh para perusahaan BUMN.

Lebih lanjut Erick menjelaskan bahwa mayoritas penduduk Indonesia saat ini berusia muda di bawah 35 tahun atau sekitar 54% dari total jumlah penduduk. Melalui Startup Day, Erick meminta para BUMN bisa membangun ekosistem yang bisa mengoptimalkan potensi ekonomi digital yang tentunya berkolaborasi dengan para pelaku startup.

"Sejak awal BUMN memiliki sejumlah venture capital, di mana venture capital BUMN ini telah berinvestasi kepada 336 startup yang kalau dilihat saat ini banyak juga yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn," kata Erick Thohir.



Simak Video "Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Menjaga Kepercayaan Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT