BSU Rp 600 Ribu Milikmu Belum Cair Juga? Ini Cara Melaporkannya

ADVERTISEMENT

BSU Rp 600 Ribu Milikmu Belum Cair Juga? Ini Cara Melaporkannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 11:31 WIB
Syarat Penerima BSU dan Cara Cek Bantuan Subsidi Upah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dhana Kencana
Jakarta -

BLT gaji atau BSU tahap 3 secara resmi telah disalurkan pemerintah ke rekening penerima. BLT gaji atau BSU tahap 3 ini disalurkan pemerintah dengan nilai sebesar Rp 600.000.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi milik Kemnaker, diketahui bahwa BLT gaji atau BSU 2022 tahap 1-3 ini sudah tersalurkan kepada 7.077.550 pekerja/buruh. Artinya bantuan ini sudah tersalurkan kepada 48,3% pekerja/buruh yang menjadi target bantuan.

Sedangkan bagi pekerja yang merasa berhak untuk mendapatkan bantuan subsidi gaji namun belum menerima, dapat melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan atau Kemnaker agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki.

Kemenaker juga menyediakan posko pengaduan terkait BSU tahap 3 secara online. Pengaduan tersebut dapat diakses melalui laman kemnaker.go.id, dengan memilih "Pusat Bantuan".

Selain itu, jika kamu merasa telah memenuhi syarat penerima BLT gaji atau BSU tahap 3 Rp 600.000 tetapi tidak terdaftar, kamu juga bisa langsung mengusulkan dalam program sanggah di situs Kementerian Sosial https://cekbansos.kemensos.go.id.

Atau masyarakat juga bisa mendaftarkan diri untuk bisa menjadi salah satu penerima manfaat bantuan BLT gaji ini. Caranya pun cukup mudah, hanya menggunakan KTP dan dilakukan secara online.

Berikut cara daftar BLT gaji atau BSU tahap 3 Rp 600 ribu berikut ini:

1. Unduh aplikasi "Cek Bansos" melalui google play store
2. Buka aplikasi "Cek Bansos" dan klik "Buat Akun Baru"
3. Isi data-data yang diminta sesuai dengan NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga) dan data di KTP.
4. Selanjutnya unggah foto KTP dan swafoto diri dengan KTP. Pastikan melakukannya dengan benar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
5. Klik "Buat Akun Baru".
6. Klik "Daftar Usulan" untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM.
7. Selanjutnya klik "tambah usulan".
8. Isi data lengkap calon penerima BLT BBM sesuai dengan KTP.
9. Tunggu beberapa menit, sampai data yang sudah diusulkan tersebut akan muncul.

Sampai di sini tahap mendaftar bansos BLT BBM sudah selesai. Selanjutnya silahkan cek data penerima melalui laman cekbansos.kemensos.go.id sesuai dengan panduan di atas.

Tentu sebelum pendaftaran diterima, pihak Kementerian Sosial akan memverifikasi terlebih dahulu agar BLT gaji atau BSU Tahap 3 ini tepat sasaran.

Simak juga video 'Menaker: 4 Juta Pekerja RI Sudah Terima BSU Senilai Rp 600 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT