Viral Ratu Elizabeth Simpan Tumpukan Emas di Gudang Bawah Tanah, Beneran Nih?

ADVERTISEMENT

Viral Ratu Elizabeth Simpan Tumpukan Emas di Gudang Bawah Tanah, Beneran Nih?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 12:51 WIB
emas ratu elizabeth
Foto: Tangkapan layar akun @rizkyqiwe
Jakarta -

Akun TikTok @rizkyqiwe mengunggah video menampilkan Ratu Elizabeth II berada di ruangan berisi tumpukan emas. Dalam video yang viral itu, dinarasikan tumpukan emas itu milik Ratu Elizabeth II.

"Simpanan emas 24 karat Ratu Elizabeth, yang tersimpan di ruang bawah tanah," bunyi narasi video tersebut, dikutip Jumat (30/9/2022).

Dalam video itu terlihat Ratu Elizabeth II ditemani sejumlah pria sedang mengecek tumpukan batang emas. Terlihat juga Pangeran Philip yang saat itu masih menjadi Duke of Edinburgh mendampingi sang ratu.

Video ini menjadi viral dan banyak dibicarakan, dengan total suka 179,8 ribu, dan 3.753 komentar. Lantas, apakah narasi video tersebut benar?

Dari penelusuran detikcom, tumpukan emas yang ada dalam video adalah milik Bank of England, bukan simpanan pribadi Ratu Elizabeth II. Adapun foto itu berasal dari Getty Images milik Eddie Mulholland.

Sebelumnya, portal berita Sky News lewat kanal YouTubenya mengunggah video Ratu Elizabeth berada di ruangan penuh emas. Dalam video berjudul "Brexit Forensics: The gold export illusion", ditegaskan bahwa video berlokasi di Bank of England.

Dari catatan detikcom, Ratu Elizabeth II melihat tumpukan emas saat mengunjungi Bank of England bersama Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, di London, Inggris, Kamis (13/12/2012).

Di tengah sibuknya kota London, mereka memiliki gudang emas yang berlokasi di bawah tanah. Tempat penyimpanan emas itu pernah dikunjungi Ratu Elizabeth II.

Brankas simpanan emas Bank of England ini disebut mempunyai jumlah simpanan batangan emas bernilai miliaran poundsterling.

Terdapat berpuluh ribu batangan emas yang disimpan di sini dengan setiap satunya memiliki nilai 24 karat. Jumlah batangan emas itu dikatakan seberat 4.600 ton.

Bank of England menegaskan jika mereka bukanlah milik keluarga kerajaan. Saham Bank of England dimiliki berbagai profesi, termasuk dokter, pengusaha, bangsawan, dan lainnya.



Simak Video "Terungkap Penyebab Kematian Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT