Penampakan Perdana Uang Koin Bergambar Raja Charles

ADVERTISEMENT

Penampakan Perdana Uang Koin Bergambar Raja Charles

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 08:15 WIB
Inggris Segera Punya Uang Koin Baru Bergambar Raja Charles
Inggris Segera Punya Uang Koin Baru Bergambar Raja Charles/Foto: Dok. BBC
Jakarta -

Masyarakat Inggris akan memiliki uang koin baru. Uang koin bergambar Raja Charles akan segera beredar.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (30/9/2022), koin 50 pence dan 5 poundsterling menampilkan wajah raja yang berasal dari pematung Inggris, Martin Jennings.

Kehadiran koin ini mengikuti tradisi berabad-abad di mana wajah raja kini menghadap ke kiri. Ini berbeda dengan dengan pendahulunya.

Kemudian, sama dengan raja-raja sebelumnya dan tidak seperti ratu, Raja Charles tidak mengenakan mahkota. Raja Charles secara pribadi menyetujui patung itu dan disebut senang dengan gambar tersebut.

Koin 50 pence akan tersedia untuk penggunaan umum sebelum akhir tahun. Koin itu akan didistribusikan sesuai dengan permintaan bank hingga kantor pos.

Uang koin ini akan beredar secara bersama-sama dengan koin bergambar ratu, sehingga 27 miliar koin itu masih diterima di toko-toko.

Anne Jessopp, kepala eksekutif The Royal Mint, menjelaskan koin umumnya bertahan selama 20 tahun. Sehingga, koin Ratu Elizabeth dan Raja Charles akan beredar bersama selama bertahun-tahun yang akan datang.

Mulai awal tahun depan, koin dari 1 pence hingga 2 poundsterling yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari akan dicetak dengan gambar Raja Charles yang sama. Koin itu akan dikirim saat dibutuhkan untuk mengganti koin lama yang rusak dan untuk memenuhi permintaan tambahan.

"Orang-orang tidak perlu khawatir jika mereka memiliki koin dengan Ratu. Kami akan menyimpan koin-koin itu dalam sirkulasi," kata Jessopp.

Lihat juga video 'Mata Uang Inggris dengan Gambar Raja Charles III Bakal Diterbitkan':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT