Bukan dari California, CFC Ternyata Produk Asli RI, Ini Pemiliknya

ADVERTISEMENT

Bukan dari California, CFC Ternyata Produk Asli RI, Ini Pemiliknya

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 16:57 WIB
Fried chicken murah
Ilustrasi CFC/Foto: Instagram/iStock
Jakarta -

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan CFC atau California Fried Chcken. Salah satu makanan cepat saji ini teryata bukan dari California, melainkan merupakan produk lokal.

CFC merupakan merek dagang dari PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1983 di Jakarta dengan nama awal PT Putra Sejahtera Pioneerindo. Lalu pada tahun 2001, PT Putra Sejahtera Pioneerindo mengubah namanya menjadi PT Pioneerindo Gourmet International Tbk.

PT Pioneerindo Gourmet International Tbk merupakan perusahaan generasi pertama di Indonesia yang memperkenalkan konsep restoran cepat saji berbahan dasar ayam. Pada awalnya, perusahaan ini memegang hak California Pioneer Chicken, terwaralaba Pioneer Take Out - Amerika Serikat.

Namun pada tahun 1989, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk memutuskan untuk mengubah status dari franchisee menjadi franchisor dan memproduksi serta memasarkan merek dagang sendiri yang bernama California Fried Chicken (CFC).

Demi mendukung kinerja perusahaan, akhirnya PT Pioneerindo Gourmet International Tbk membentuk franchise serta anak perusahaan, yaitu PT Putra Asia Perdana, PT Mitra Hero Pioneerindo, dan PT Pioneerindo Sugakico Indonesia.

Untuk mengembangkan usahanya, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk memasuki pasar makanan lain dengan membuka Cal Donat pada tahun 1993. Cal Donat memasarkan produk donat dan roti serta sebuah restoran keluarga bernama Sapo Oriental pada tahun 1996.

Pada tahun 1994, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk mencatatkan perusahaannya sebagai Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham PTSP.

Lalu pada tahun 2017, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk kembali melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan Jepang, Sugakico System Co., Ltd. Perusahaan Sugakico merupakan perusahaan ramen "Sugakiya" terbesar yang berasal dari Nagoya, Jepang. Kerjasama ini diawali dengan mendirikan PT Pioneerindo Sugakico Indonesia yang merupakan bagian dari anak perusahaan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk.

Hingga akhir tahun 2020, PT Pioneerindo Gourmet International Tbk telah memiliki 4 merek dagang dengan 318 gerai. Terdapat 281 gerai CFC, 10 gerai Sapo, 23 gerai Cal Donat, dan 4 gerai Sugakiya.

Diketahui bahwa saat ini PT Pioneerindo Gourmet International Tbk dipimpin oleh Edi Triyento. Edi Triyento diangkat menjadi Direktur Utama berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 14 Agustus 2020.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT