ADVERTISEMENT

Pemerintah Genjot Produk UMKM Lokal Bisa Go Internasional, Ini Contohnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 15:13 WIB
Seorang perajin memintal benang sebelum ditenun mnejadi kain Songket Silungkang.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen akan memberikan dukungan penuh untuk membudayakan dan mempromosikan kain tenun dan songket di kancah Nasional maupun Internasional. Kain songket dan tenun merupakan budaya Indonesia yang patut dijaga dan dilestrarikan.

Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad P Balombo mengatakan pihaknya akan mengajak sejumlah stakeholder terkait untuk berperan dalam membudayakan dan mempromosikan tenun dan songket tradisional Indonesia .

"Saya kira tadi yang sudah di sampaikan bahwa kita akan berkolaborasi serta bersinergi dengan seluruh stakeholder," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

La Ode Ahmad menyebutkan membudayakan dan mempromosikan kain tenun dan songket dalam kegiatan Pemilihan Putera-Puteri Tenun dan Songket Indonesia 2022 merupakan terobosan yang luar biasa dan perlu di apresiasi.

"Kita harapkan promosi dan atraksi ini sangat luar biasa. oleh karena itu melalui penggunaan busana pada seluruh instansi pemerintah dan seluruh daerah , pengusaha dalam bekerja di wajibkan agar penggunaan tenun dan songket tradisional menjadi bagian uniform," ucapnya

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas Indonesia International Fashion Art & UKM (Kadiifa ) Prof . Dr. Anna Mariana mengatakan untuk membudayakan dan mempromosikan kain tenun dan songket tradisional diperlukan inovasi sehingga penggunaan kain tenun dan songket tradisional di minati dan di gemari oleh generasi muda milenial .

"Mengembangkan Tenun dan songket tradisional secara inovasi sangat penting di era jaman saat ini, ide- ide dari para generasi muda ini , meliliki kreativitas cukup baik dan juga semua sangat memahami digital pada era sekarang ini. Sehingga kita perlu melakukan terobosan- terobosan dalam hal pemasaran di era digitalisasi E comers produk tenun dan songket tradisional bisa berkembang lebih baik dan lebih maju. Kita harapkan melalui anak - anak muda generasi harapan bangsa Indonesia , dapat mencintai , memahami dan menghargai budaya bangsa nya sendri ," jelasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT