Presiden UEA Bakal Sambangi Rumah Jokowi di Solo Bawa 'Kado' Spesial

ADVERTISEMENT

Presiden UEA Bakal Sambangi Rumah Jokowi di Solo Bawa 'Kado' Spesial

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 20:45 WIB
Pertemuan Jokowi dan Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi
Foto: dok. Biro Pers Setpres
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkap bahwa perjanjian Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) tinggal melalui ratifikasi antara pemimpin kedua negara.

"Jadi perjanjian sudah, seperti CEPA kemarin dan juga Indonesia CEPA sudah kita sah kan kemarin. Adapun pihak UEA telah selesai, biasanya timur tengah sulit sekali sulit betul tapi karena kedekatan pak Jokowi dan presiden MBZ maka ini mudah bisa terselenggara dengan proses yang sangat cepat," jelasnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (3/10/2022).

Untuk mempercepat perjanjian itu, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan akan bertamu ke rumah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo untuk membahas perjanjian tersebut. Zulhas mengatakan itu akan berlangsung pada 17 November 2022.

"Dan UEA telah meratifikasi, biasanya bertahun-tahun ini cuman satu bulan. Karena akan ada G20 November 15-16 Presiden MBZ ingin memberi hadiah kepada Indonesia tentunya kepada pak Jokowi bahwa perjanjian yang ditandatangani di rumahnya sudah ratifikasi," ungkapnya.

"Karena hubungan ini dekat pak dan nanti tgl 15-16 Presiden UEA akan ke Bali mengikuti G20 tapi, 17 (November) subuh ke Solo, diterima presiden kita pak Jokowi di rumah juga ke Solo, oleh karena itu kami berharap betul ini ratifikasi ini bisa jadi hadiah istimewa kepada presiden UEA," tuturnya.

Zulhas mengatakan berdasarkan analisis yang telah dilakukan, UEA CEPA diprediksi akan meningkatkan ekspor Indonesia ke UEA dengan rata-rata 7,7% per tahun. Di mana diharapkan pada tahun 2030 transaksinya mencapai US$ 4,2 miliar.

"Adapun sektor yang mengalami peningkatan antara lain, minyak dan gas serta turunannya, makanan olahan, dan produk-produk manufaktur," tutupnya.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT