Jokowi Ingatkan Lagi Ekonomi Dunia Tahun Depan Gelap

ADVERTISEMENT

Jokowi Ingatkan Lagi Ekonomi Dunia Tahun Depan Gelap

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 18:46 WIB
Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara
Foto: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara (Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti kondisi ekonomi dunia bakal gelap tahun depan. Menurut dunia sedang berada dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Menurutnya sederet lembaga keuangan internasional menyebutkan tahun depan keadaan ekonomi akan makin gelap.

"Itu yang saya sampaikan itu dunia, ekonomi dunia tahun depan, memang semua lembaga internasional sampaikan dalam posisi yang tidak baik dan posisi lebih gelap," ujar Jokowi usai melakukan peresmian groundbreaking pabrik pipa di KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

Dia pun meminta semua pihak berhati-hati, meskipun ekonomi Indonesia terus tumbuh positif. Semua pihak harus bersiap atas 'badai' apapun yang akan terjadi ke depannya.

"Maka kita harus hati-hati dan waspada meskipun ekonomi tumbuh 5,44% itu sangat baik dibandingkan negara lain tapi harus hati-hati dan waspada dan bersiap atas badai apapun," terang Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan investasi menjadi rebutan banyak negara di tengah ketidak pastian yang terjadi. Syukurnya Indonesia masih bisa berhasil menarik satu lagi investasi dari luar negeri ke Indonesia.

Hari ini Jokowi meresmikan pabrik pipa yang menjadi investasi perusahaan internasional Belanda, Wavin Group.

"Dunia posisinya sulit semuanya. Krisis pangan, krisis energi, krisis finansial, krisis keuangan terjadi di semua negara. Yang saat ini jadi rebutan adalah investasi," papar Jokowi dalam peresmian groundbreaking pabrik pipa Wavin.

Jokowi memaparkan investasi sangat dibutuhkan untuk mengejar nilai tambah. Di sisi lain, dampak pabrik yang dibangun pun dapat menciptakan lapangan kerja hingga menambah penerimaan negara.

"Kenapa? Karena dengan investasi itulah nilai tambah akan diciptakan, lapangan kerja diciptakan, penerimaan negara akan muncul, cadangan devisa akan muncul," tutur Jokowi.

Simak juga Video: Jokowi Wanti-wanti Ekonomi Dunia Tahun Depan Gelap

[Gambas:Video 20detik]




(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT