ADVERTISEMENT

Dunia Krisis Ekonomi, Jokowi: Investasi Jadi Rebutan!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 16:50 WIB
Ilustrasi profil
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kondisi ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja, krisis ekonomi membayangi dunia. Di tengah krisis yang terjadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan investasi menjadi rebutan banyak negara di tengah ketidak pastian yang terjadi.

Syukurnya Indonesia masih bisa berhasil menarik satu lagi investasi dari luar negeri ke Indonesia. Hari ini Jokowi meresmikan pabrik pipa yang menjadi investasi perusahaan internasional Belanda, Wavin Group.

"Dunia posisinya sulit semuanya. Krisis pangan, krisis energi, krisis finansial, krisis keuangan terjadi di semua negara. Yang saat ini jadi rebutan adalah investasi," papar Jokowi dalam peresmian groundbreaking pabrik pipa Wavin di KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

Jokowi memaparkan investasi sangat dibutuhkan untuk mengejar nilai tambah. Di sisi lain, dampak pabrik yang dibangun pun dapat menciptakan lapangan kerja hingga menambah penerimaan negara.

"Kenapa? Karena dengan investasi itulah nilai tambah akan diciptakan, lapangan kerja diciptakan, penerimaan negara akan muncul, cadangan devisa akan muncul," ungkap Jokowi.

Dia menyebutkan pabrik Wavin akan memproduksi pipa untuk dalam negeri juga, sehingga pemerintah akan kurangi impor pipa. "Kalau dulu sebelumnya kita impor, setelah pabrik Wavin jadi impornya tidak ada lagi," sebutnya.

Di sisi lain, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memaparkan pabrik Wavin di Batang akan menjadi pabrik terbesar perusahaan Belanda itu di Asia Tenggara. Nantinya pabrik Wavin ditargetkan bisa dioperasikan pada akhir 2024.

"Menurut laporannya ini spek terbesar yang mereka (Wavin) bangun, bukan cuma penetrasi pasar Asia Pasifik, tapi juga Eropa," pungkasnya.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT