Wow! Berlian Merah Ini Cetak Rekor Dunia, Laku Terjual Rp 763 M

ADVERTISEMENT

Wow! Berlian Merah Ini Cetak Rekor Dunia, Laku Terjual Rp 763 M

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 13:30 WIB
Williamson Pink Star
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sebuah Berlian merah muda 11,15 karat, telah mencetak rekor dunia baru sebagai berlian yang terjual di lelang dengan harga tertinggi per karat.

Berlian Williamson Pink Star ini telah terjual seharga US$ 49,9 juta atau setara Rp 763,5 miliar (kurs Rp 15.300) pada Jumat lalu oleh Sotheby's Hong Kong.

Pada awalnya, Williamson Pink Star diperkirakan terjual hanya seharga US$ 21 juta atau setara Rp 321,3 miliar. Tidak hanya itu, Williamson Pink Star merupakan berlian merah muda terbesar kedua yang muncul di pelelangan.

Dilanris melalui Aljazeera, Sabtu (08/10/2022), nama batu permata ini diambil dari kombinasi dua berlian merah muda legendaris. Yang pertama ialah berlian Williamson 23,60 karat yang diberikan kepada mendiang Ratu Inggris Elizabeth II sebagai hadiah pernikahan pada tahun 1947.

Kemudian yang kedua ialah berlian Pink Star 59,60 karat yang terjual dengan rekor US$ 71,2 juta atau setara Rp 1,09 triliun yang di lelang tahun 2017.

Berlian merah muda adalah salah satu berlian berwarna yang paling langka dan paling berharga.

"Ketika Anda mempertimbangkan hubungan yang memikat dengan Ratu Elizabeth, kenaikan harga berlian merah muda berkat kelangkaannya yang meningkat, dan latar belakang ekonomi global yang tidak stabil, berlian ini bisa menjadi proposal yang sangat menarik untuk orang yang tepat," kata Direktur Pelaksana 77 Diamonds, Tobias Kormind.

"Aset keras seperti berlian kelas dunia memiliki sejarah kinerja yang baik. Beberapa berlian dengan kualitas terbaik di dunia telah mengalami kenaikan harga dua kali lipat selama 10 tahun terakhir," lanjutnya.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT