Merek Lokal Harus Jadi Primadona di Negeri Sendiri, Begini Caranya

ADVERTISEMENT

Merek Lokal Harus Jadi Primadona di Negeri Sendiri, Begini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 12:59 WIB
Ilustrasi motivasi bisnis.
Foto: Freepik
Jakarta -

Hypefast Brand Founders of The Year sudah masuk tahap akhir. Ada 15 brand lokal yang akan menjadi Brand Founders of The Year, Class of 2022.

Penghargaan ini merupakan inisiasi Hypefast bersama Forbes Indonesia dan didukung oleh Habibie Center, Future City Accelerator, School of Goverment and Public Policy serta Endgame Podcast.

Program ini adalah penghargaan dan apresiasi untuk pemilik brand lokal di Indonesia atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air.

Hal ini selaras dengan data simulasi Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022, di mana dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67% hingga 1,71%.

Sementara itu berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59% konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Bahkan 87% konsumen lebih cenderung memilih produk lokal dibandingkan produk global.

Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri mengungkapkan saat ini brand lokal harus jadi primadona di negeri sendiri.

"Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal perlu jalan menuju era baru. Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun, melihat sudah semestinya brnad lokal ini diapresiasi untuk semangat berkarya dan berinovasi," ujar dia dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022, di The Tri Brata, Kamis (13/10/2022).

Dia menjelaskan selama proses seleksi banyak brand yang berpotensi besar untuk berkembang. Karena itu dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global.

Achmad menyebutkan Hypefast hadir memposisikan diri sebagai partner yang tidak hanya memberikan modal, tetapi juga menyediakan tim ahli serta ekosistem retail yang terintegrasi.

Ada 500 brand lokal yang mendaftar saat program dibuka pada Juli lalu. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri juga melakukan kurasi serta assessment lebih lanjut untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year, Class of 2022.

Pemilihan brand ini dilakukan berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang ditentukan para juri yaitu Komisaris Utama Hypefast Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, Ketua Habibie Center Ilham Habibie dan jurnalis senior dari Forbes Indonesia Ulisari Elista.

Lima belas brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery.

(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT