Tips Cuan Bikin Usaha Rintisan

ADVERTISEMENT

Tips Cuan Bikin Usaha Rintisan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 15:51 WIB
Businessman hand choose wooden blog with franchise marketing store icons for concept of business growth and branch expansion.
Foto: Getty Images/iStockphoto/eakrin rasadonyindee
Jakarta -

Usaha rintisan saat ini menjadi salah sektor yang bisa menjadi pilihan anak-anak muda untuk berbisnis. Karena itu dibutuhkan ide yang kuat dan riset yang dalam untuk mengembangkan usaha.

Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri mengatakan jika memang ingin membuka usaha rintisan ada beberapa hal yang dibutuhkan.

"Awalnya itu yang penting adalah ide yang dikombinasikan dengan research. Apalagi sekarang banyak ide-ide bagus yang bermunculan dan didukung oleh riset target pasar pembeli, kalau sudah menentukan target ini sudah jelas," kata dia di Tri Brata, Kamis (13/10/2022).

Menurutnya sebelum menjalankan usaha rintisan hal utama yang harus dilakukan adalah mendengarkan apa yang diinginkan konsumen. "Jadi harus mendengarkan konsumen dan ide yang muncul itu harus valid," ujar dia.

Tri Barta melanjutkan, jika hal itu sudah dilakukan maka bisa langsung menyusun produk sesuai yang diinginkan konsumen dan melakukan penjualan. Dia menyarankan agar menjual produk secara online terlebih dahulu.

Selanjutnya diimbangi juga dengan periklanan dan membangun komunitas di media sosial seperti Instagram. Apalagi Indonesia menjadi negara yang basis masyarakatnya sangat besar.

Jika produk dan proses penjualan sudah berjalan, Achmad menyebut bisa mulai menggunakan teknik marketing yang sedang ramai di pasaran dan diikuti oleh konsumen. Contohnya saat ini banyak brand skincare yang menggunakan marketing Kpop Culture untuk menggaet pelanggan.

"Tapi memang tergantung dari brandnya, dihitung juga masuk akal nggak, pas atau nggak. Jadi tidak ada salahnya menggunakan teknik itu," ujar dia.

(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT