Anak BUMN Ikut Genjot Konservasi Lingkungan, Begini Contohnya

ADVERTISEMENT

Anak BUMN Ikut Genjot Konservasi Lingkungan, Begini Contohnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 14:29 WIB
Lingkungan
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI) merupakan anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk berkomitmen untuk mendukung upaya konservasi lingkungan hidup dan masyarakat di sekitar wilayah konservasi. Sebagai langkah nyata dukungan tersebut, PT KTI melaksanakan kembali melakukan kerjasama jasa lingkungan yang difasilitasi oleh Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC).

Sasaran kerja sama ini mencakup masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH) di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Cidanau, yaitu mencakup wilayah Kecamatan Padarincang dan Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang. Penandatanganan kerja sama yang telah dimulai sejak tahun 2005 ini dilaksanakan di Gedung Innovation Center PT Krakatau Tirta Industri, Cilegon pada Rabu (12/10/2022).

Direktur Operasi PT KTI Dendin Hermawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan jasa lingkungan yang berjalan antara FKDC, PT KTI, dan KTH di DAS Cidanau merupakan bagian dari peran aktif untuk mendukung ketahanan lingkungan hidup di wilayah hulu.

"Kerja sama yang hampir mencapai 18 tahun ini saya kira perlu menjadi perhatian kita semua dan menjadi role model untuk kita duplikasikan pada wilayah- wilayah konservasi lain, khususnya di wilayah Provinsi Banten," terang beliau. N.P. Rahadian dalam keterangannya, pada Kamis (13/10/2022).

"PT KTI telah menunjukkan konsistensinya dan keseriusannya dalam mendukung pelestarian lingkungan. Hal ini perlu menjadi teladan bagi kita semua," terang beliau.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT KTI Alugoro Mulyowahyudi menyampaikan dukungan penuh untuk terus berlangsungnya kerja sama jasa lingkungan tersebut.

"Partisipasi kami dalam jasa lingkungan merupakan salah satu dari sekian banyak program-program kami yang mendukung upaya- upaya proaktif untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas, kuantitas, dan konsistensi pelestasian lingkungan hidup. Kami sangat terbuka untuk program-program positif seperti jasa lingkungan tersebut. Oleh karena itu, kami dan seluruh insan PT KTI terus mendukung agar program tersebut terus berlangsung untuk memberikan dampak positif bagi kita semua," terang beliau.

Jasa lingkungan merupakan skema pemberdayaan terhadap masyarakat di wilayah hulu yang sekaligus mengintegrasikan dengan upaya konservasi lingkungan hidup. Melalui KTH yang terlibat sebagai penyedia jasa lingkungan, diwajibkan adanya upaya untuk menjaga jumlah tutupan (tanaman pohon) di area yang menjadi pengelolaan KTH tersebut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT