Lengser dari Kursi Gubernur DKI, Anies Baswedan Terima Uang Pensiun Segini

ADVERTISEMENT

Lengser dari Kursi Gubernur DKI, Anies Baswedan Terima Uang Pensiun Segini

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 16 Okt 2022 10:30 WIB
Anies Baswedan berkemas di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2022) malam.
Anies Baswedan/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Hari ini Anies Baswedan resmi melepas jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jabatan Anies sebagai Gubernur Jakarta akan habis pada 16 Oktober 2022.

Usai lengser dari kursi Gubernur DKI Jakarta, Anies akan menerima uang pensiun. Berapa ya besaran uang pensiun yang akan diterima?

Berdasarkan catatan detikcom, setelah mundur dari jabatan, nantinya sebagai seorang mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies dapat menerima sejumlah uang pensiunan. Meski demikian jumlahnya tidaklah besar.

Diketahui bahwa besaran uang pensiun yang dapat diterima seorang mantan Gubernur DKI Jakarta, jumlahnya tak lebih dari Rp 10 juta setiap bulan. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri pada 2017 lalu yang saat itu dijabat oleh Sumarsono.

Saat itu Sumarsono tengah membicarakan besaran uang pensiun Gubernur DKI yang bisa saja diterima oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Gubernur DKI Jakarta sebelum Anies menjabat).

"Pensiun sebagai kepala daerah kecil, nggak sampai 10 juta," ujarnya.

Tunjangan dan THR Pensiun Anies

Meski demikian, diketahui bahwa sebagai pensiunan pejabat negara, nantinya Anies juga berhak untuk mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 bagi pensiunan pejabat negara. Hal ini sebagaimana yang telah tertuang dalam PP Nomor 16 Tahun 2022.

Adapun berdasarkan Pasal 8 PP No. 16 Tahun 2022, Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas bagi Pensiunan dan Penerima Pensiun terdiri atas:

a. pensiun pokok;
b. tunjangan keluarga;
c. tunjangan pangan; dan
d. tambahan penghasilan.

Demikian perkiraan uang pensiun yang akan diterima Anies Baswedan setelah tak lagi menjabat jadi Gubernur DKI Jakarta nantinya.

Simak video 'Anies: Peran Saya untuk Bangun Jakarta Secara Langsung Berhenti di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT