Beredar 3 Nama Calon PM Inggris Pengganti Liz Truss, Ada Boris Johnson

ADVERTISEMENT

Beredar 3 Nama Calon PM Inggris Pengganti Liz Truss, Ada Boris Johnson

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 21:48 WIB
Prime Minister Liz Truss delivers her keynote speech at the Conservative Party annual conference at the International Convention Centre in Birmingham. Picture date: Wednesday October 5, 2022. (Photo by Aaron Chown/PA Images via Getty Images)
Foto: BBC World: Nama mantan PM Inggris masuk dalam 3 nama calon pengganti Liz Truss, yang kini beredar di publik
Jakarta -

Sejumlah nama digadang-gadang menjadi calon pengganti Liz Truss yakni Perdana Menteri Inggris yang mengundurkan diri. Beberapa nama di antaranya Rishi Sunak, Penny Mordaunt dan Boris Johnson.

Dikutip dari Guardian, Jumat (21/10/2022), Sunak dipandang sebagai seorang teknokrat yang kompeten. Namun, banyak anggota parlemen curiga padanya.

Hal itu berkaitan dengan kekayaan dan posisinya, dikaitkan dengan seseorang di keluarganya yang menggunakan status tak berdomisili untuk meminimalkan pajak.

Sementara, Penny Mordaunt sebagai mantan menteri pertahanan telah menghabiskan waktunya di pemerintahan. Mordaunt mungkin menjadi pilihan yang populer dengan banyak anggota parlemen Tory, namun yang lain mungkin mempertanyakan apakah dia seperti Truss yang belum teruji dan menjadi risiko lain.

Kemudian munculnya nama Boris Johnson sebagai kandidat mungkin menjadi pertanyaan. Namun, ia memiliki pendukung yang merasa kemundurannya sebagai perdana menteri seperti dipaksakan dan tidak adil.

Namun, partai-partai oposisi kemungkinan besar akan senang menghadapi lawan yang betapapun bakatnya sebagai politisi, adalah sosok yang memiliki noda yang tidak disukai.

Untuk diketahui, Liz Truss mengundurkan diri setelah 44 hari menjabat. Ia mengundurkan diri menyusul kegagalan pemotongan pajak yang mengguncang pasar keuangan, serta menimbulkan perlawanan di dalam Partai Konservatif-nya sendiri.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT