Jokowi Sebut 66 Negara Bakal Jadi Pasien IMF

ADVERTISEMENT

Jokowi Sebut 66 Negara Bakal Jadi Pasien IMF

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 21:57 WIB
Presiden Jokowi dalam acara Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru Peradaban Baru di Djakarta Theater
Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap, kondisi dunia saat ini sedang sangat sulit. Bahkan, kondisi tahun depan diperkirakan semakin gelap.

Demikian disampaikan Jokowi dalam HUT ke-58 Partai Golkar seperti dikutip dari YouTube CNN Indonesia, Jumat (21/10/2022).

"Yang kita tahu dunia betul-betul sangat sulit saat ini. Tahun depan akan lebih sulit lagi, dan banyak yang menyampaikan akan gelap signifikan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, sebanyak 14 negara telah menjadi pasien IMF. Kemudian, 28 negara telah antre untuk menjadi pasien dan angkanya diperkirakan mencapai 66 negara.

"Saya kira bapak ibu juga sudah tahu bahwa sekarang yang sudah masuk pasien IMF itu ada 14 negara, sudah masuk jadi pesien, dan 28 negara lagi sudah ngantre di depan pintunya IMF. Diperkirakan akan muncul angka nanti 66 negara," papar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi pun berpesan dalam memilih pemimpin ke depan haruslah yang memiliki jam terbang yang tinggi.

"Oleh sebab itu betul-betul pemimpin ke depan harus kita pilih yang memiliki jam terbang yang tinggi. Salah satu yang saya lihat Bapak Airlangga Hartarto," kata Jokowi.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT