Benar Kata Jokowi, Harga Kangkung Naik Jadi Segini Gara-gara Stoknya Jarang

ADVERTISEMENT

Benar Kata Jokowi, Harga Kangkung Naik Jadi Segini Gara-gara Stoknya Jarang

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 25 Okt 2022 15:03 WIB
Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.
Benar Kata Jokowi, Harga Kangkung Naik Jadi Segini Gara-gara Stoknya Jarang/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menyebut harga kangkung naik. Jenis sayuran satu itu mengalami kenaikan harga karena stoknya yang sedang tidak banyak.

Demikian kata Ketua Umum IKAPPI Abdullah Mansuri. Hal itu sekaligus membenarkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut harga kangkung naik.

"Memang kangkung ini agak berkurang di pasar, agak jarang, jadi agak naik harganya. Sekarang kangkung seikat Rp 3 ribu, biasanya cuma Rp 2 ribu," kata Abdullah kepada detikcom, Selasa (25/10/2022).

Abdullah menyebut panen kangkung memang sangat rawan saat cuaca tidak menentu seperti ini. "Memang musim ini, musim-musim yang agak rawan," tuturnya.

Sebelumnya Jokowi mengungkapkan bahwa harga kangkung naik. Hal itu diketahui dari hasil kunjungannya ke Pasar Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Tadi saya cek di pasar juga harga stabil. Hanya satu barang yang naik tadi kangkung, itu aja," kata Jokowi yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Sayangnya Jokowi tidak menyebut berapa harga kangkung yang naik di Pasar Klandasan, Balikpapan itu.

Simak juga video 'Harga Pangan Dunia Naik, Jokowi Pamer RI 3 Tahun Tak Impor Beras':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT