32 Tahun Berkuasa, Berapa Harta Presiden Soeharto?

ADVERTISEMENT

32 Tahun Berkuasa, Berapa Harta Presiden Soeharto?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 07:00 WIB
Portrait dated 1970s of Indonesian President Mohamed Suharto. (Photo by - / AFP)
Presiden ke 2 Indonesia, Soeharto/Foto: AFP/-
Jakarta -

Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, merupakan presiden dengan masa kepemimpinan terlama di Indonesia. Selama hampir 32 tahun memimpin, mungkin banyak dari kita yang penasaran dengan harta yang dimiliki Soeharto.

Dikutip dari CNBC Indonesia, yang mengutip laporan Washington Post tahun 1998 dijelaskan, Soeharto dikenal sebagai orang yang hidup sederhana. Dia tak pernah mengenakan pakaian mewah atau memakai perhiasan yang mahal.

Meski demikian, mengutip situs Washington Pos, laporan Forbes menobatkan Soeharto sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Forbes memasukkan Soeharto sebagai orang terkaya keenam di dunia dengan kekayaan bersih US$ 16 miliar. Kemudian, keluarga Soeharto tercatat memiliki total kekayaan US$ 30 miliar.

Dalam laporan itu juga disebutkan, sebagian besar kekayaan Soeharto dihasilkan melalui jaringan luas dari yayasan amal yang dipimpinnya. Uang yang dikumpulkan oleh badan amal telah digunakan untuk mendukung operasi politik partai Golkar yang berkuasa.

Para kritikus telah menyerukan penyelidikan apakah Soeharto telah mentransfer kekayaannya ke rekening bank rahasia di Eropa. Sementara, dalam laporan ABC disebutkan Keluarga Cendana memonopoli sejumlah bidang strategis. Bidang itu seperti cengkeh, tol, serta proyek mobil nasional.

Pada tahun 1998, Transparency International mengklaim bahwa keluarga Soeharto telah mengumpulkan lebih dari US$ 30 miliar.

Soeharto merupakan pria kelahiran Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Diketahui bahwa Soeharto beberapa kali pindah sekolah. Hingga akhirnya ia terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah pada tahun 1941. Selanjutnya, Soeharto resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945.

Pada 1947, Soeharto menikahi Siti Hartinah. Dalam pernikahan tersebut, mereka dikaruniai enam orang anak yaitu Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Soeharto menjabat sebagai Presiden ke-2 Indonesia pada tahun 1967. Soeharto menjabat sebagai presiden lebih dari 3 dekade lewat 6 kali pemilu hingga akhirnya ia mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Soeharto meninggal dalam usia 86 tahun pada Minggu, 27 Januari 2008.

Saksikan juga d'Mentor on Location: Bisnis Manis Kang Duren

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT