Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia, Ini Profilnya

ADVERTISEMENT

Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia, Ini Profilnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 26 Okt 2022 18:04 WIB
Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia
Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menteri Keuangan, Wempi Saputra (kiri)/Foto: Dok. Instagram Febrio Kacaribu
Jakarta -

Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menteri Keuangan, Wempi Saputra menjadi Executive Director World Bank atau Bank Dunia. Hal ini terungkap dalam unggahan akun Instagram Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu.

Febrio mengunggah foto bertiga dengan Wempi dan Senior Advisor Dalyono yang juga akan berkantor di Washington DC. Dia mengucapkan selamat kepada Wempi dan Dalyono.

"Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menkeu ini tak diragukan lagi kemampuannya. Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Menkeu ini tak diragukan lagi kemampuannya," tulis Febrio dikutip Rabu (26/10/2022).

Dia menjelaskan keduanya memiliki banyak pengalaman di Kementerian Keuangan. Selain itu Wempi dan Dalyono juga memegang isu kerja sama keuangan internasional termasuk saat memimpin proses presidensi G20 Indonesia.

"Saya harap dua perwakilan Kemenkeu ini bisa menjembatani Indonesia dan World Bank demi kesejahteraan bangsa," jelasnya.

Profil Wempi

Dikutip dari akun LinkedIn, Wempi merupakan lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN periode 1992-1995. Kemudian Wempi melanjutkan ke Universitas Indonesia melalui Exxon Mobil Scholarship.

Dia mengambil gelar Master Public Finance di GRIPS melalui Japan WCO Scholar. Lalu Wempi juga mengambil gelar doktor di Nagoya University melalui Monbukagakusho scholar.

Wempi juga pernah menjabat sebagai Director Constituency 11 di Asian Infrastructure Investment Bank periode November 2021-Juni 2022. Kemudian menjadi Staf Ahli Menteri Keuangan pada Oktober 2021 hingga saat ini.

Wempi juga aktif di G20 Finance Deputy, Kepala Sekretariat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Ex Officio Governor di International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Simak video 'Negara-negara Ini Bakal Resesi, Tapi Indonesia Masih Aman':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT