Datang Tak Diundang, Kanye West Diusir dari Kantor Skechers

ADVERTISEMENT

Datang Tak Diundang, Kanye West Diusir dari Kantor Skechers

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 08:10 WIB
Jakarta -

Kanye West yang juga dikenal dengan Ye diusir dari kantor Skechers di Los Angeles. Perusahaan mengatakan, sang rapper datang tanpa pemberitahuan dan diundang.

Dalam pernyataannya, produsen sepatu itu menyatakan tidak berniat menjalin kerja sama dengan Kanye. Komentar ini muncul setelah Adidas dan sejumlah merek memutus kontrak mereka dengan Kanye.

Berakhirnya kerja sama Kanye dengan sejumlah merek disebabkan komentar antisemitisme yang dilontarkannya. Singkatnya, antisemitisme adalah sikap permusuhan atau bentuk ketidaksukaan terhadap kaum Yahudi.

"Kami mengutuk pernyataannya yang memecah belah baru-baru ini dan tidak menoleransi antisemitisme atau bentuk ujaran kebencian lainnya," kata Skechers, dikutip dari Reuters, Kamis (27/10/2022),

Selain itu, merek raksasa Gap Inc sebelumnya telah mengakhiri kerja sama dengan Kanye West pada September lalu. Usai komentar antisemitisme, perusahaan langsung menghapus Yeezy Gap dari tokonya dan menutup YeezyGap.com

Sementara itu saham Skechers yang berbasis di California naik hampir 1% dalam perdagangan yang diperpanjang, setelah sempat turun 10% pada penutupan Rabu.

Sebelumnya Adidas juga mengakhiri kontraknya dengan Kanye. Penjualan dan produksi sepatu Yeezy dihentikan dan aliran dana kepada Kanye disetop.

Menurut Adidas, langkah ini akan menekan penjualan mereka US$ 246 juta atau Rp 3,81 triliun (kurs Rp 15.500) pada kuartal IV-2022. Padahal kontrak kerja sama Adidas dan Kanye West baru akan berakhir pada 2026.

Adidas bermitra dengan Kanye sejak 2013 demi bersaing dengan Nike. Selain Adidas, Vogue menolak untuk bekerja sama dengan Kanye West dalam bentuk apapun di masa depan. Balenciaga juga mengambil tindakan tegas atas ulah pria 45 tahun tersebut.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT