Begini Perhitungan Biaya Transaksi di Tokopedia

ADVERTISEMENT

Begini Perhitungan Biaya Transaksi di Tokopedia

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 15:47 WIB
Aplikasi Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi para penggunanya. Salah satunya melalui penerapan biaya jasa aplikasi Rp 1.000 untuk setiap transaksi produk fisik di aplikasi Tokopedia.

"Tokopedia terus berupaya meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan biaya jasa aplikasi sebesar Rp 1.000 per 3 Agustus 2022 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs maupun aplikasi Tokopedia," Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Kamis (27/10/2022).

Meski demikian, Ekhel menyampaikan kebijakan ini tidak berlaku untuk transaksi beberapa produk seperti keuangan, produk digital hingga donasi.

"Biaya jasa aplikasi tidak berlaku untuk transaksi produk keuangan, produk digital, TopAds, zakat dan donasi, kecuali transaksi pembulatan emas, donasi atau pulsa yang disertakan dalam pembelian produk fisik," lanjutnya.

Perhitungan Biaya Transaksi di Tokopedia

Terkait kebijakan ini, Tokopedia pun mencontohkan perhitungan biaya transaksi di Tokopedia. Misalnya, A melakukan satu transaksi di Tokopedia senilai Rp50.000. Maka, total biaya yang harus dibayar adalah Rp 51.000 untuk harga barang plus biaya jasa aplikasi.

Dan jika A menggunakan metode pembayaran apa pun, selain cicilan dan instant payment, maka total biaya yang harus dibayar tetap Rp 51.000 untuk harga barang plus biaya jasa aplikasi di Tokopedia. Namun, jika A menerima cashback tambahan, misalnya 5%, maka total biaya yang dibayarkan menjadi hanya Rp 47.500.

Adapun jika apabila produk yang dibeli lebih dari 1 dalam satu pembayaran transaksi, maka Biaya Jasa Aplikasi yang akan dikenakan hanya 1 kali. Dan jika keseluruhan transaksi pembelian barang dibatalkan, maka Biaya Jasa Aplikasi akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna sesuai dengan proses pengembalian/refund yang berlaku pada metode bayar yang digunakan.



Simak Video "Manfaatkan Platform Digital, UMKM Perempuan Asal Bali ini Berhasil Tampil di Paris Fashion Week"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT