Sunat Rp 300 Ribu Gaji Penerima BSU, Ini Pembelaan Waroeng Spesial Sambal

ADVERTISEMENT

Sunat Rp 300 Ribu Gaji Penerima BSU, Ini Pembelaan Waroeng Spesial Sambal

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 30 Okt 2022 11:00 WIB
Waroeng SS Greenville
Waroeng SS/Foto: dokdetikFood
Jakarta -

Waroeng Spesial Sambal (WSS) memotong gaji karyawan Rp 300 ribu bagi penerima Bantuan Subsidi Upah atau BLT gaji dari pemerintah. Pemotongan gaji dilakukan periode November dan Desember 2022.

Direktur WSS Indonesia Yoyok Hery Wahyono mengatakan kebijakan tersebut benar adanya. Dirinya mengaku siap bertanggung jawab atas kebijakan yang dibuat.

"Benar itu kebijakan saya, keputusan saya yang siap saya pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Allah SWT, hukum negara dan kebenaran atau keadilan," kata Yoyok kepada detikcom, Minggu (30/10/2022).

Yoyok menjelaskan diambilnya kebijakan potong gaji Rp 300.000/bulan bagi penerima BSU karena tidak ingin antar pegawai merasa iri dan menjadi kurang harmonis. Pasalnya bantuan dari pemerintah itu tidak merata didapat semua pegawai.

"Sebagian dapat, sebagian tidak malah jadi tidak rukun mereka, akan jadi polemik, September 2021 pernah terjadi seperti ini. Panjang sekali penjelasannya, kalau pun harus sampai di meja hijau akan saya jelaskan di sana," bebernya.

Dia pun lebih memilih agar jangan ada bantuan apapun dari pemerintah jika penyaluran BSU tidak merata ke seluruh pegawainya yang disebut personil. Lagi pula dari perusahaan mengklaim telah memberi berbagai fasilitas dan tunjangan.

"Personil SS itu di luar gaji ada beasiswa putra-putri pegawai, bantuan musibah keluarga, pembebasan utang pinjol, BPJS tidak bulanan tidak pemotongan gaji (dibayar perusahaan), tunjangan kecantikan, tunjangan tempat tinggal, dan sebagainya," ucap Yoyok.

Belum diketahui berapa karyawan yang terdampak pemotongan gaji Rp 300.000/bulan karena sebagai penerima BSU. Pastinya kebijakan ini berlaku di 102 cabang Waroeng SS seluruh Indonesia yang di dalamnya terdapat 4.128 pegawai.

"Belum diketahui (berapa pegawai yang gajinya dipotong). Itu (BSU) cairnya langsung ditransfer ke pegawai, kita tidak tahu sebelumnya, ini masih terus berlangsung, belum selesai," tandasnya.



Simak Video "Cek Rekening, Bantuan Subsidi Upah Rp 600 Ribu Mulai Cair Besok!"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT