Catat! 3 Tips Bisnis Kuliner Tetap Eksis di Tengah Ancaman Krisis 2023

ADVERTISEMENT

Catat! 3 Tips Bisnis Kuliner Tetap Eksis di Tengah Ancaman Krisis 2023

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Selasa, 01 Nov 2022 15:14 WIB
ShopeeFood Ayam Crisbar
Foto: Dok. Ayam Crisbar
Jakarta -

Pelaku usaha dituntut untuk terus berinovasi agar tetap bisa eksis. Pasalnya, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, serta prediksi akan terjadinya resesi di tahun 2023 nanti akan menjadi tantangan yang berat bagi pelaku usaha.

Hal ini juga diakui oleh Teddy Hamonangan, Hafizh Ihsanuddin, dan Filbert. Kendati begitu, tiga anak muda ini mampu sukses mengembangkan usaha Ayam Crisbar dari gerobakan hingga memiliki 17 gerai di Jawa Barat. Apa rahasianya?

Teddy mengatakan kesuksesan dirinya dan tim berkat inovasi dan pemanfaatan platform digital seperti ShopeeFood. Diungkapkannya, bisnis Ayam Crisbar dirintis bersama sejak masih duduk di bangku kuliah. Sejak berdiri, usaha kuliner olahan ayam ini sukses menarik perhatian warga Bandung, khususnya para mahasiswa yang adalah target pasar utama mereka.

Adapun yang menjadi daya tarik utama yaitu menu ayam crispy bakar yang ikonik, dengan saus rahasia dan harga yang ramah untuk kantong mahasiswa. Tak heran jika dalam setahun, usaha yang didirikan dengan modal awal sebesar Rp 10 juta ini mampu berkembang pesat, hingga membuka 7 cabang baru di daerah Bandung.

"Masa pandemi adalah tantangan terberat bagi kami karena adanya larangan dine-in dan kebijakan kuliah daring. Situasi itu membuat penjualan Ayam Crisbar sangat menurun. Sejak saat itu, kami jadi fokus pada penjualan online dan layanan ShopeeFood inilah yang sangat membantu kami," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11/2022).

"Penjualan online kami pun semakin meningkat hingga kami berani membuka satu cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online. Selain itu, kami juga berhasil ekspansi sampai keluar area Bandung, seperti Sumedang, Bekasi, dan Depok," imbuhnya.

Lebih lanjut, Teddy pun turut membagikan kiat-kiat membangun bisnis usaha kuliner di usia muda. Serta strategi yang tepat agar dapat bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan ketidakpastian situasi ekonomi.

ShopeeFood Ayam CrisbarFoto: Dok. Ayam Crisbar

1. Perkuat Unique Selling Point

Industri kuliner terbilang sangat kompetitif. Karena itu para pelaku usaha harus lebih cermat dan kreatif dalam berinovasi memperkuat keunggulan produknya. Tampil beda dari yang lain dapat menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian konsumen.

Strategi ini juga diterapkan oleh Ayam Crisbar dengan melakukan inovasi pada cara pengolahan menu ayam dan pembuatan saus spesialnya. Diungkapkan Teddy, Ayam Crisbar hadir dengan menu unggulan, yaitu ayam goreng crispy bakar yang memiliki sensasi caramelized dan smoky. Untuk menambah kenikmatan, Ayam Crisbar juga menciptakan saus Crisbee yang terbuat dari kaldu yang dimasak selama 8 jam dengan bumbu spesial.

2. Evaluasi Bisnis Secara Berkala

Untuk bisa terus relevan di pasar, maka pelaku usaha harus melakukan evaluasi berkala pada performa usaha, produk, dan layanan mereka. Teddy menyebut hasil penilaian tersebut dapat menjadi acuan untuk menentukan strategi bisnis ke depannya.

"Kami secara aktif memanfaatkan beragam fitur di aplikasi Shopee Partner untuk memantau transaksi penjualan dan penilaian para pelanggan kami di seluruh cabang kami di ShopeeFood. Data tersebut kemudian kami gunakan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi pengembangan bisnis Ayam Crisbar," tambah Teddy.

3. Tingkatkan Brand Awareness dan Bangun Engagement

Teddy mengatakan platform digital bisa menjadi media yang tepat untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu brand. Karena itu pihaknya terus menggenjot penggunaan media sosial untuk menyebarluaskan informasi seputar promo ShopeeFood di Ayam Crisbar. Seperti kampanye tanggal kembar, Flash Sale, Pay Day, dan Promo Bundling Menu.

Menurut Teddy, cara ini terbilang ampuh untuk meningkatkan transaksi penjualan. Bahkan, 60% dari total penjualan Ayam Crisbar berasal dari ShopeeFood. Di samping itu, Teddy juga memaksimalkan media sosial untuk membangun kedekatan dengan para konsumen.

Di Instagram misalnya, kata dia, Ayam Crisbar sering membuat postingan menarik guna membangun interaksi dengan para followers setia.

ShopeeFood Ayam CrisbarFoto: Dok. Ayam Crisbar

"Ke depannya, kami ingin memperluas jangkauan bisnis Ayam Crisbar hingga ke luar wilayah Jawa Barat. Selain itu, kami harap dapat terus mempertahankan eksistensi bisnis kami di tengah situasi yang tak menentu saat ini. Kami percaya dengan memanfaatkan teknologi digital seperti ShopeeFood, bisnis Ayam Crisbar dan juga para pemilik usaha lainnya bisa semakin terus bertumbuh," tuturnya.

Itulah tadi rahasia mengembangkan bisnis di situasi yang penuh ketidakpastian seperti saat ini. Dia berharap tips ini dapat membangkitkan semangat anak muda untuk turut berkontribusi menggerakkan perekonomian Tanah Air dengan membangun usaha lokal.

Sebagai informasi, para pelaku UMKM lainnya juga dapat dengan mudah mendaftar sebagai merchant ShopeeFood dan ShopeePay melalui fitur Registrasi Mandiri di aplikasi Shopee Partner hanya dalam 1-5 hari kerja.

Melalui aplikasi Shopee Partner, pelaku usaha juga dapat mengakses berbagai fitur untuk mendukung operasional harian usaha mereka, seperti pembaruan transaksi secara instan, pengaturan jam operasional toko, serta mengubah dan menambah menu dengan mudah. Unduh aplikasi Shopee Partner melalui Google Play maupun App Store.

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT