750 Perusahaan Siap Ramaikan Pameran Makanan & Minuman di JIExpo

ADVERTISEMENT

750 Perusahaan Siap Ramaikan Pameran Makanan & Minuman di JIExpo

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 02 Nov 2022 16:55 WIB
Jakarta -

Pameran makanan dan minuman SIAL Interfood akan kembali digelar usai hampir 3 tahun vakum akibat pandemi. SIAL Interfood tahun ini akan diikuti 750 perusahaan yang berasal dari 27 negara. Ajang ini merupakan pameran makanan dan minuman terbesar di Indonesia yang telah berjalan selama 20 tahun.

CEO Krista Exhibition Daud D Salim mengatakan pameran SIAL Interfood adalah partner antara pameran besar internasional SIAL Paris dengan Indonesia yaitu Interfood Indonesia. Pameran ini diharapkan dapat memberikan peluang besar bagi industri makanan dan minuman di Indonesia.

"Dengan adanya partner ini, membuat peluang yang lebih besar jangkauannya ke seluruh dunia. Jadi, dalam hal ini pameran besar dunia itu ada di Paris dengan network paling banyak itu ada di Eropa, Timur Tengah, Amerika, maupun di Asia, China," tutur Daud di Gedung Kemenperin, Rabu (2/11/2022).

Daud melanjutkan dengan adanya pameran ini, pihaknya dapat mempromosikan industri makanan dan minuman Indonesia, hasil laut, maupun hasil agrikultur Indonesia ke pasar lokal dan dunia.

Lewat pameran ini juga, diharapkan Indonesia bisa menjadi hub tempat berkumpulnya para pelaku industri makanan dan minuman dari Asia dan Internasional. Tahun ini pun, pameran SIAL Interfood akan diikuti oleh 750 perusahaan dari 27 negara.

"Kategori dari internasional tidak sebanyak dari 2019, tapi lokal justru meningkat. Kalau 2019, komposisinya 70% domestik,30% internasional. Kali ini lokal 82%, 18% internasional. Jadi lebih banyak dari dalam negeri," kata Daud.

Adapun dalam rangkaian kali ini, SIAL Interfood menampilkan berbagai jenis produk unggulan makanan dan minumannya sampai pada kemasannya. Adapun produk tersebut antara lain makanan olahan berbahan dasar susu dan keju, daging, hingga bahan untuk roti.

Selain itu, SIAL Interfood juga mempromosikan Indonesia Spice Up The World dengan mengadakan berbagai kompetisi membuat makanan Indonesia menggunakan bumbu-bumbu tradisional.

Daud juga menambahkan ajang SIAL Interfood kali ini terasa istimewa karena hampir 3 tahun vakum akibat pandemi COVID-19. Lewat kegiatan ini diharapkan pertumbuhan industri makanan dan minuman bisa go internasional.

"(Saya) optimistis dengan adanya pameran SIAL Interfood ini pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia akan go global di mancanegara dengan menampilkan berbagai inovasi baru makanan, minuman, jasa boga, dan bakery," ungkapnya.

Pameran ini akan diselenggarakan pada 9-12 November 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

(prf/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT