Pameran Seafood Show Asia Jadi Momentum Genjot Ekspor Perikanan RI

ADVERTISEMENT

Pameran Seafood Show Asia Jadi Momentum Genjot Ekspor Perikanan RI

Atta Kharisma - detikFinance
Jumat, 04 Nov 2022 15:06 WIB
Pameran Seafood Expo North America (SENA) digelar Amerika Serikat. Ini adalah pameran teknologi dan produk olahan ikan laut terbesar di negara tersebut.
Ilustrasi Pameran Seafood (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pameran Seafood Show Asia Expo 2022 akan kembali hadir menyapa masyarakat Indonesia pada 9-12 November 2022. Pameran ini dinilai menjadi momentum untuk mendongkrak industri seafood Indonesia, baik di pasar domestik maupun global.

Menurut Direktur Pemasaran, Ditjen Penguatan Daya Saing Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Erwin Dwiyana pameran ini bisa jadi kesempatan bagi pelaku usaha di industri makanan dan minuman untuk mempromosikan usahanya.

"Pameran ini bisa sama-sama mewujudkan penyerapan pasar baik itu ekspor kita, kemudian juga penyerapan di dalam negeri melalui kehadiran dari buyers juga investor yang diundang dalam pameran. Dan tentunya, bisa memperkenalkan sekaligus mempromosikan branding Indonesian Seafood kepada masyarakat di global dan juga pasar domestik," ungkap Erwin dalam konferensi pers Seafood Show of Asia Expo 2022, Jumat (4/11/2022).

Erwin menjelaskan trend produksi perikanan Indonesia baik tangkap maupun budidaya terus mengalami peningkatan. Terbukti, pada tahun 2021 Indonesia berada di urutan ke-11 sebagai eksportir produk industri perikanan.

"Komoditas utama yang diekspor oleh Indonesia yang paling utama, pertama adalah udang yang juga menjadi prioritas yang dilaksanakan peningkatan produktivitasnya. Udang ini sekitar 35% dari ekspor komoditas komoditas utama Indonesia," paparnya.

Selanjutnya, sambung Erwin, diikuti oleh komoditas tuna, cakalang dan tongkol sekitar 14,7%. Kemudian, cumi, sotong, gurita, rumput laut dan rajungan kepiting.

"Karenanya pada kesempatan pameran, kita tidak hanya mendorong ekspor produk-produk utama kita, tapi juga bagaimana kita mengenalkan atau mendorong pasar komoditas ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Erwin menyatakan pihaknya akan terus mendorong penguatan branding Indonesian Seafood: Naturally Diverse, Safe and Sustainable di kancah dunia guna menarik perhatian buyer dan investor.

"Dengan mengangkat jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan (safe) serta kebijakan pada keberlanjutan sumberdaya ikan dan usaha (sustainable), dan dukungan pengembangan akses pasar dan penanganan hambatan ekspor diharapkan dapat memacu ekspor produk perikanan Indonesia ke mancanegara," ungkapnya.

Erwin mengatakan pada pameran Seafood Show Asia Expo 2022 nanti, KKP turut memfasilitasi beberapa UMKM binaannya sehingga produk UMKM tersebut bisa dikenal di pasar nasional dan global.

Sebagai informasi, Seafood Show of Asia 2022 diselenggarakan bersamaan dengan SIAL InterFood Expo 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran mulai dari tanggal 9-12 November 2022. Dalam gelaran yang digelar oleh Krista Exhibitions ini, sebanyak 750 perusahaan di bidang kuliner dan HORECA turut berpartisipasi, di mana lebih dari 100 perusahaan berasal dari industri seafood.



Simak Video "SIAL Interfood 2022 Junjung Penjualan Rempah Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT