Persiapan AP I Atur Pesawat Tamu Super Penting di KTT G20 Bali

ADVERTISEMENT

Persiapan AP I Atur Pesawat Tamu Super Penting di KTT G20 Bali

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 08:00 WIB
Pesawat udara lepas landas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (5/11/2022). Bandara Bali akan beroperasi selama 24 jam pada 12-18 November dengan pemberlakuan pembatasan operasi penerbangan (limited operation) untuk penerbangan reguler pada 13-17 November 2022 guna memastikan keamanan, keselamatan, dan kelancaran penerbangan selama rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

PT Angkasa Pura I melakukan sejumlah pengaturan di bandara untuk menyambut KTT G20 di Bali. Salah satunya terkait parkir pesawat tamu undangan kepala negara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan, Bandara Ngurah Rai di Bali memiliki 62 parking stand atau tempat parkir pesawat. Dari 62 parking stand itu, sebanyak 40 parking stand akan digunakan untuk menunjang kegiatan KTT G20.

Lebih rinci, dari 40 parking stand itu, 14 parking stand di antaranya untuk pesawat kepala negara.

"Kita menggunakan ada 14 parking stand yang kita gunakan untuk RON VVIP. Memang dari seluruh kepala negara yang hadir dengan menggunakan pesawat mereka masing-masing, tidak semuanya kita akomodir untuk bisa RON atau menginap di Ngurah Rai. Jadi ada yang bisa menginap itu ada 14 pesawat dari beberapa negara. Namun ada juga yang menginapnya di tempat lainnya," terangnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Kemudian, pihaknya menyiapkan 1 parking stand untuk pick up dan drop off utara, 8 parking stand untuk pick up dan drop off selatan, 4 parking stand clear area, dan 3 parking stand untuk militer.

Di sisi lain, dia mengatakan, untuk penerbangan komersial atau reguler pihaknya menyiapkan 22 parking stand.

"Dengan adanya pengaturan movement ini untuk commercial flight nanti kita atur yang tadinya per jam 22 movement per hour menjadi 17 per hour karena sisanya kita alokasikan untuk VVIP," ujarnya.

Selain Bandara Ngurah Rai, pihaknya menyiapkan 11 bandara lain untuk parking stand. Dari 12 bandara termasuk Bandara Ngurah Rai, 3 di antaranya dikelola PT Angkasa Pura II.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT