Gandeng Swasta, AP I Incar Kelola Bandara Komodo

ADVERTISEMENT

Gandeng Swasta, AP I Incar Kelola Bandara Komodo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 07 Nov 2022 19:15 WIB
Keadaan di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo
Foto: Istimewa
Jakarta -

PT Angkasa Pura I menyatakan minat untuk mengelola Bandara Komodo di Labuan Bajo. Untuk mengelola bandara tersebut, Angkasa Pura I akan menggandeng mitra strategis.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, Bandara Komodo memiliki peran strategis karena Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi super prioritas.

"Kenapa ini menjadi penting, karena Labuan Bajo kan termasuk destinasi super prioritas yang dipastikan nanti bandaranya juga bisa men-support peningkatan jumlah kunjungan pariwisata yang datang ke Labuan Bajo," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Dia mengatakan, Angkasa Pura I akan menggandeng mitra strategis. Saat ini, pihaknya juga tengah melakukan penjajakan dengan Astra.

"Konsepnya memang kita akan menggandeng strategic partner, tetapi strategi partner-nya siapa memang kita masih belum final. Kita masih tahap penjajakan termasuk yang dari Astra Infrastruktur kita sudah diskusi, tetapi juga ada opsi lain, internasional, dari strategic partner internasional. Jadi masih belum final," paparnya.

"Surat minatnya sudah kita ajukan, lagi komunikasi lebih detil lagi dengan Kementerian Perhubungan," tambahnya.

Selain itu, Angkasa Pura I juga akan mengelola Bandara Kediri. Saat ini, kata dia, sedang dalam tahap finalisasi.

"Berikutnya yang lagi kita finalisasi Bandara Kediri. Kediri ini juga yang Dhoho, ini yang juga kerja sama dengan AP 1. Nanti AP 1 yang kelola, tapi investornya dari Gudang Garam. Ini akan dioperasikan mungkin di akhir tahun 2023," ujarnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT