Telkom Bakal Jadi Mak Comblang Startup-Investor di Acara G20 Bali

ADVERTISEMENT

Telkom Bakal Jadi Mak Comblang Startup-Investor di Acara G20 Bali

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 14:26 WIB
Ilustrasi startup atau start-up
Foto: Getty Images/iStockphoto/Weedezign
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mengumumkan kerja sama yang diraih perusahaan rintisan atau startup dengan sejumlah investor dalam rangkaian KTT G20 di Bali. Startup ini merupakan startup yang turut dikembangkan oleh Telkom.

"Jadi sudah ada beberapa kandidat startup dan investor yang berhasil kami mak comblangkan kami match-kan, yang insya Allah kalau lancar beberapa startup dan investor kami launch kerja sama. Perjanjian kerja sama antara startup dan investor ini di acara B20 di hari Senin atau Selasa minggu depan sebagai rangkaian dari acara B20 dan G20 Summit," kata Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Muhammad Fajrin Rasyid di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Telkom sendiri memiliki sejumlah program untuk mengembangkan perusahaan rintisan. Salah satunya Indigo yang merupakan program inkubasi yang diberikan dalam bentuk pendanaan, tempat kerja dan pelatihan-pelatihan.

"Indigo inkubasi startup seluruh Indonesia sudah sekitar 200 startup yang kita inkubasi sejak tahun 2013," ungkapnya.

Dukungan terhadap startup ini juga diberikan melalui MDI Ventures. Lewat MDI, Grup Telkom berinvestasi di sejumlah startup. Hingga saat ini, MDI memiliki dana kelolaan sekitar US$ 800 juta.

"MDI ini adalah venture capital arms dari Telkom. Saat ini kita memiliki dana kelolaan sekitar US$ 800 jutaan. Ini adalah arms atau vehicle dari Telkom Grup untuk berinvestasi startup dari mulai pre seed seri A, B, C dan seterusnya. Dan ini juga rencananya di acara B20 minggu depan itu kami akan melakukan announcement," katanya.

"Jadi beberapa minggu atau bulan terakhir sebagai rangkaian acara B20 dan G20 ini kami mengadakan match making program antara startup-startup dengan investor-investor global," tambahnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT