Programmer Jadi 'Barang Langka' di RI, Gajinya Berapa Sih?

ADVERTISEMENT

Programmer Jadi 'Barang Langka' di RI, Gajinya Berapa Sih?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 15:37 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan, ekonomi digital Indonesia akan tumbuh Rp 600 triliun menjadi Rp 4.500 triliun dalam 10 tahun dari 2020-2030. Hal itu berdasarkan studi yang dilakukan Temasek dan Google.

Sayangnya, prospek positif ini tidak didukung oleh sumber daya manusia yang memadai. Fajrin menyebut cukup sulit menemukan programmer di Indonesia. Alhasil sejumlah perusahaan harus merekrut programmer asal Vietnam dan India.

Padahal, programmer diperhitungkan sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi. Memangnya berapa rata-rata gaji programmer di Indonesia?

Mengutip Glassdoor, Selasa (8/11/2022), estimasi gaji rata-rata programmer di Indonesia mencapai Rp 6,3 juta per bulan. Namun, ada juga programmer yang bisa menerima gaji hingga Rp 17 juta per bulan tergantung level dan tunjangan yang didapat.

Sementara itu, SalaryExplorer mencatat pendapatan rata-rata programmer di Indonesia adalah Rp 12,8 juta per bulan. Gaji terendahnya Rp 5,8 juta, sementara tertingginya adalah Rp 20,3 juta.

Lalu, Indeed memperkirakan gaji rata-rata programmer di Indonesia adalah Rp 7,6 juta per bulan. Estimasi ini berdasarkan laporan yang diperbarui 6 September 2022.

Berdasarkan laporan Indeed, kota yang memberi gaji tertinggi untuk programmer adalah Batam, yaitu sebesar Rp 9,7 juta per bulan. Yogyakarta di posisi kedua dengan gaji Rp 9,4 juta per bulan.

Bogor di posisi ketiga dengan gaji Rp 8,9 juta per bulan. Selanjutnya ada Jakarta dengan gaji Rp 8,2 juta per bulan, dan Surabaya dengan gaji Rp 3,4 juta per bulan.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT