'Cerai' Dengan Kanye West, Adidas Bakal Hapus Nama Yeezy

ADVERTISEMENT

'Cerai' Dengan Kanye West, Adidas Bakal Hapus Nama Yeezy

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 08:49 WIB
HOLLYWOOD, CA - JUNE 28: Kanye West at Milk Studios on June 28, 2016 in Hollywood, California. adidas and Kanye West announce the future of their partnership: adidas + KANYE WEST (Photo by Jonathan Leibson/Getty Images for ADIDAS)
Kanye West (Foto: Jonathan Leibson/Getty Images for adidas)
Jakarta -

Adidas resmi mengakhiri kerja sama sepatu ketsnya dengan Ye atau dikenal Kanye West. Perusahaan tetap akan menjual desain sepatu Kanye West, tetapi tanpa logo atau nama Yeezy.

Perusahaan mengatakan meski kerja sama telah diputus, Adidas tetap pemilik tunggal semua desain Yeezy, baik warna hingga model baru yang akan datang. Namun, nama Yeezy akan dihapus karena dinilai telah merugikan perusahaan.

"Ke depan, kami akan memanfaatkan inventaris yang ada dengan rencana tepat yang sedang dikembangkan saat kami berbicara," kata Kepala Keuangan Adidas, Harm Ohlmeyer, dikutip dari CNN, Kamis (10/11/2022).

Berakhirnya kemitraan dengan Kanye West akan membuat Adidas menghemat US$ 300 juta. Karena tidak perlu melakukan pembayaran royalti dan biaya pemasaran.

Produk Yeezy sendiri telah berkontribusi US$ 2 miliar dalam penjualan tahun lalu untuk Adidas. Persentasenya menyumbang 8% dari total penjualan perusahaan, menurut Morgan Stanley.

Pada hari Selasa, Adidas dikabarkan akan merekrut bos Puma Norwegia Bjørn Gulden untuk menggantikan CEO perusahaan saat ini Kasper Rorsted. Perusahaan bahkan telah melakukan pembicaraan terkait rencana pergantian bos baru ini.

Dipastikan Gulden akan akan menjadi CEO Adidas tahun depan. Pekerjaan rumah (PR) yang langsung perlu dibenahi bagaimana membangun citra Adidas pasca antisemitisme dan segala macam ujaran kebencian yang dilakukan rapper Kanye West.

Lihat Video: Curhat Kanye West Rugi Rp 31,1 Triliun Usai Diputus Kemitraan Adidas

[Gambas:Video 20detik]



(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT