Garap Metaverse-Kurang Iklan Jadi Biang Kerok Meta PHK Besar-besaran!

ADVERTISEMENT

Garap Metaverse-Kurang Iklan Jadi Biang Kerok Meta PHK Besar-besaran!

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 10:51 WIB
Jakarta -

Induk Facebook, Meta Platforms Inc (META.O) memastikan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 11.000 karyawan, atau 13% dari tenaga kerjanya. Perusahaan menjelaskan ada sejumlah alasan mengapa harus mengambil kebijakan itu.

Saat ini Meta tengah dan akan fokus pada pengembangan Metaverse, diperkirakan banyak uang yang dibutuhkan untuk itu. Penyebab lainnya, perusahaan tengah mengalami penurunan pendapatan karena iklan yang menurun.

"Tidak hanya perdagangan online kembali ke tren sebelumnya, tetapi penurunan ekonomi makro, meningkatnya persaingan, dan hilangnya sinyal iklan telah menyebabkan pendapatan kami jauh lebih rendah dari yang saya harapkan," kata Chief Executive Officer Mark Zuckerberg dalam sebuah pesan kepada karyawan, dikutip dari Reuters, Kamis (10/11/2022).

Jumlah PHK itu menjadi salah satu yang terbesar dan yang pertama dilakukan Meta selama 18 tahun. Kebijakan itu menyusul sejumlah perusahaan teknologi lain yang telah lebih dulu melakukan PHK.

Meta, yang dulu bernilai lebih dari US$ 1 triliun, sekarang bernilai US$ 256 miliar setelah kehilangan lebih dari 70% nilainya tahun ini saja.

Perusahaan berharap biaya pengeluaran 2023 bisa menurun menjadi US$ 94 miliar hingga US$ 100 miliar, dibandingkan dengan $96 miliar hingga $101 miliar yang diproyeksikan sebelumnya.

Selain PHK, perusahaan juga akan mengurangi ruang kantor, menurunkan pengeluaran diskresioner, dan memperpanjang waktu untuk tidak membuka lowongan kerja hingga kuartal pertama tahun depan untuk mengendalikan pengeluaran.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT