Atlet Jadi PNS, Tetap Ikut Jalur Seleksi?

ADVERTISEMENT

Atlet Jadi PNS, Tetap Ikut Jalur Seleksi?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 16:15 WIB
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur dan Menpora Imam Nahrawi mengumumkan daftar atlet yang resmi menjadi PNS.
Ilustrasi atlet jadi PNS/Foto: Pool/Kemenpora
Jakarta -

Atlet bulutangkis seperti Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan, Marcus Gideon dan lainnya resmi diangkat jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS. Mereka menjadi PNS di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Mereka yang jadi PNS ini tergolong atlet nasional berprestasi. Lantas, apakah mereka tetap melaksanakan proses seleksi CPNS?

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan, para atlet harus tetap melaksanakan tahapan seleksi.

"Kan ada seleksi. Jadi pertama formasi ditetapkan oleh KemenPAN-RB atas permintaan dari kementerian lembaga (Kemenpora). Formasi ditetapkan, kemudian dibuat seleksi, seleksi dilaksanakan full, lalu diterima, sudah," katanya kepada detikcom, Kamis (11/10/2022).

Adapun proses seleksi dilakukan dengan CAT atau tes berbasis komputer. Materi tes disebut sama dengan tes CPNS pada umumnya.

"Yang diuji segala macam yang dibutuhkan untuk menjadi PNS. Sama (dengan masyarakat umum), proses seleksinya sama, tetap harus dites," jelasnya.

Adapun untuk formasi dan tugas atlet PNS ditentukan lembaga kementerian terkait, dalam hal ini Kemenpora dan atas seizin KemenPAN-RB.

"Melibatkan wewenang KemenPAN-RB. Kemenpora yang meminta formasinya untuk atlet-atlet berprestasi. BKN melaksanakan seleksinya, termasuk menetapkan NIP dan mengeluarkan persetujuan teknis," imbuhnya.

Adapun syarat atlet yang ingin menjadi PNS ditentukan berdasarkan penilaian Kemenpora. Atlet berprestasi dipertimbangkan memenuhi syarat untuk diangkat jadi PNS.

Tonton juga Video: Rekap Hasil Pertandingan Atlet Badminton Indonesia di French Open 2022

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT