Polygon Ternyata Asli Lokal, Ini Dia yang Punya

ADVERTISEMENT

Polygon Ternyata Asli Lokal, Ini Dia yang Punya

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 07:00 WIB
Permintaan sepeda meningkat di masa pandemi ini. Produsen sepeda Polygon, PT Insera Sena pun menargetkan produksi 700 ribu unit sepeda pada tahun 2020 ini.
Polygon/Foto: Antara Foto
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu sepeda Polygon? Saking terkenalnya, mungkin banyak di antara kita yang mengira bahwa sepeda tersebut buatan luar negeri. Padahal, Polygon itu asli buatan Indonesia.

Polygon diproduksi oleh PT Insera Sena. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 dan berada di Sidoarjo, Jawa Timur.

PT Insera Sena sendiri didirikan oleh Soejanto Widjaja, yang merupakan lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Soejanto mendirikan PT Insera Sena karena ingin meneruskan usaha keluarganya yang menekuni pekerjaan dalam industri sepeda.

Insera Sena memiliki arti yang unik. Insera merupakan kependekan dari Industri Sepeda Surabaya sedangkan Sena merupakan nama dari wayang terkenal di Jawa Timur yang terkenal sebagai simbol kekuatan.

Awalnya, Soejanto merintis PT Insera Sena sebagai industri manufaktur yang berorientasi pada pasar luar negeri. PT Insera Sena pada awalnya memproduksi sepeda berdasarkan pesanan merek-merek terkenal dari luar negeri. Hingga akhirnya sekitar tahun 1990-an, PT Insera Sena memproduksi sepeda merek lokal, yaitu Polygon.

Dengan lebih dari 1000 pekerja dan 20 ahli di departemen research and development, Insera Sena dapat memproduksi sepeda sekitar 750.000 unit per tahun.

Pada tahun 2009, PT Insera Sena mendapatkan penghargaan Primaniyarta sebagai Best Performing Exporter dan pada tahun 2012 mendapatkan penghargaan yang sama dalam kategori Global Brand Creator. Perusahaan ini juga sudah memiliki sertfikat ISO 9001:2008.

PT Insera Sena telah memproduksi berbagai jenis sepeda, seperti city bike, trekking bike, road bike, mountain bike, dan jenis lainnya untuk pasar domestik maupun internasional. Di pasar Internasional, perusahaan ini telah mengekspor sepeda Polygon ke 5 benua dan lebih dari 30 negara.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT