Daftar 10 Maskapai Terburuk di Dunia 2022, Nomor 1 dan 2 dari RI

ADVERTISEMENT

Daftar 10 Maskapai Terburuk di Dunia 2022, Nomor 1 dan 2 dari RI

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 12:41 WIB
Layar monitor jadwal keberangkatan pesawat terbang. dikhy sasra/ilustrasi/detikcom
Ilustrasi Daftar Maskapai Terburuk di Dunia/Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Maskapai penerbangan punya andil untuk memberikan kenyamanan pada para penumpang selama penerbangan. Namun ternyata, tidak semua maskapai bisa memberikan pelayanan terbaiknya.

Hal ini nampak dari hasil survei yang dilakukan platform layanan travel Bounce. Sebelumnya perusahaan ini telah mengeluarkan laporan The 2022 Airline Index yang didasarkan oleh survei mengenai layanan maskapai di dunia.

Berdasarkan laporan itu, masyarakat bisa mengetahui peringkat maskapai dengan layanan terbaik hingga yang terburuk. Sayangnya berdasarkan laporan tersebut juga didapati maskapai internasional terburuk di dunia berasal dari Indonesia.

Melansir dari laman resmi Bounce, maskapai dengan pelayanan terburuk dalam daftar ini adalah Lion Air yang berbasis di Indonesia. Diketahui maskapai ini berada di peringkat maskapai internasional terburuk dengan skor 0,72.

Lion Air tercatat memiliki tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27% yang artinya maskapai ini sering terlambat. Selain itu maskapai ini memiliki tingkat pembatalan yang mencapai 34,43% yang berarti sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan selama setahun terakhir.

Tidak berhenti di sana, Lion Air hanya mendapat skor 1/5 untuk makanan dan hiburan dalam pesawat dan 2/5 untuk kenyamanan kursi dan layanan staf.

Di sisi lain, terdapat maskapai lain yang berbasis di Indonesia yang sayangnya menempati peringkat kedua sebagai salah satu maskapai internasional terburuk dalam daftar ini, yakni Wings Air.

Wings Air memiliki tingkat kedatangan tepat waktu dan pembatalan yang buruk, di mana masing-masing 49,78% dan 20,63%. Angka ini tentu tidak jauh lebih baik daripada Lion Air Selain itu, Wings Air menerima peringkat 1/5 untuk makanan dan hiburan dan peringkat 2/5 untuk kenyamanan kursi dan layanan staf.

Dengan demikian dua maskapai asal Indonesia ini menempati peringkat nomor 1 dan nomor 2 sebagai maskapai internasional terburuk di dunia 2022.Lantas maskapai apa lagi yang masuk dalam daftar ini?

Daftar 10 maskapai dengan layanan paling buruk di dunia 2022

1. Lion Air (0,72)
2. Wings Air (1,11)
3. Flydubai (1,18)
4. AirAsia India (1,34)
5. Shenxhen Airlines (1,54)
6. VivaAerobus (1,56)
7. Wizz Air (1,79)
8. Ryanair (2,06)
9. AirAsia (2,06)
10. Volaris (2,15)

Saat dikonfirmasi Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya akan mengecek laporan tersebut terlebih dahulu.

"Saya akan cek dan pelajari terlebih dahulu. Jika ada perkembangan informasi, saya sampaikan," jelas Danang kepada detikcom.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT