Pakai Tol Laut, 800 Ton Beras dari Indramayu & Cirebon Dikirim ke Aceh

ADVERTISEMENT

Pakai Tol Laut, 800 Ton Beras dari Indramayu & Cirebon Dikirim ke Aceh

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 13 Nov 2022 20:04 WIB
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mengangkut muatan perdana dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (14/9). KM Logistik Nusantara 4 milik Pelni itu mengangkut muatan semen dari Patimban untuk diturunkan di Kijang, Kepulauan Riau.
Foto: dok. Pelni
Jakarta -

Kehadiran tol laut mempermudah distribusi barang ke berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya pada komoditas beras.

Sebanyak 40 kontainer beras seberat 800 ton dikirim dengan tol laut dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dengan tujuan Aceh. Pengiriman beras ini merupakan pelayaran kedua Tol Laut T-1 di Pelabuhan Patimban yang dilayani oleh Kapal Kendhaga Nusantara 14 dengan operator PT Citrabaru Adinusantara.

"Ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergi Kementerian Perhubungan bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional serta Perum Bulog untuk mewujudkan pemerataan pangan," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Hendri Ginting dalam keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

Hendri mengungkapkan, beras yang dikirim kali ini berasal dari Gudang Bulog Cabang Indramayu dan Gudang Bulog Cabang Cirebon. "Keberadaan tol laut di Patimban ini semakin memudahkan pemerataan distribusi beras dari wilayah Jawa Barat ke daerah Provinsi Aceh," ujarnya.

Adapun trayek T-1 ini memiliki rute pelayanan Tanjung Priok - Patimban - Lhoksumawe - Malahayati - Patimban - Tanjung Priok.

"800 ton beras yang dikirim ini tujuan pengirimannya ke Meulaboh sebanyak 400 ton, Sigli 300 Ton dan Blangpidie 100 ton," sambungnya.

Sebagai informasi, pengiriman beras kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, sebanyak 10 kontainer berisi 200 ton beras dari daerah Provinsi Jawa Barat didistribusikan melalui tol laut ke Malahayati dan Lhoksumawe, Provinsi Aceh. Beras tersebut dikirim menggunakan Kapal Kendhaga Nusantara 14 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (18/10).

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT