Jeff Bezos Punya Harta Rp 1.992 T, Sebagian Besar Mau Disumbangin

ADVERTISEMENT

Jeff Bezos Punya Harta Rp 1.992 T, Sebagian Besar Mau Disumbangin

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2022 11:35 WIB
Jeff Bezos Berbicara Virtual di KTT G20 2022 dalam forum B20
Foto: Screenshot Youtube G20
Jakarta -

Pendiri Amazon Jeff Bezos berencana menyumbangkan sebagian besar kekayaannya. Kekayaan Bezos saat ini ditafsir mencapai US$ 124 miliar atau Rp 1.922 triliun (kurs Rp 15.500).

Bezos mengatakan, sebagian sumbangannya akan disalurkan untuk memerangi perubahan iklim. Ia juga mendukung orang-orang yang proaktif menyatukan masyarakat dari perpecahan sosial maupun politik.

Meski tidak merinci secara spesifik, ini adalah kali pertama Bezos mengumumkan rencana untuk menyumbangkan kekayaannya. Sebelumnya ia menolak menandatangani Giving Pledge, sebuah janji dari kumpulan miliarder untuk menyumbangkan kekayaannya ke badan amal.

Bezoss bersama istrinya, Lauren Sanchez menyebut masih membangun kepastian soal uang mereka. Saat ditanya apakah ia mau menyumbangkan sebagian kekayaannya, Bezos menjawab singkat.

"Ya, saya mau," katanya seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/11/2022).

Namun, yang masih jadi persoalan adalah bagaimana cara menyumbangkan kekayaan Bezos. Ia tidak merinci persentase soal rencana donasinya, atau membeberkan untuk apa uang itu digunakan.

Bezos telah menyumbang US$ 10 miliar selama 10 tahun, atau sekitar 8% dari kekayaan bersihnya saat ini, untuk Bezos Earth Fund yang diketuai bersama istrinya.

Di antara prioritasnya adalah mengurangi jejak karbon semen dan baja kelas konstruksi, mendorong regulator keuangan untuk mempertimbangkan risiko terkait iklim, memajukan teknologi data dan pemetaan untuk memantau emisi karbon, dan membangun penyerap karbon nabati alami dalam skala besar.

Rencana Bezos menyumbangkan kekayaannya berbarengan dengan tantangan yang mengancam ekonomi global. Seperti diketahui, banyak ekonom memprediksi akan terjadi penurunan ekonomi berkepanjangan.

Bulan lalu, Bezos dalam cuitannya mengingatkan para pengikutnya untuk "mempertahankan diri". Saran itu ditujukan kepada pemilik bisnis dan juga konsumen.

Ia menyarankan bahwa individu harus mempertimbangkan untuk menunda membeli barang-barang mewah. Dan perusahaan harus memperlambat akuisisi dan membatasi pengeluaran modal mereka.

Lihat Video: Mengintip Properti Baru Jeff Bezos di Pulau Maui Hawaii

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT