Jeff Bezos-Mackenzie Adu Donasi

ADVERTISEMENT

Jeff Bezos-Mackenzie Adu Donasi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2022 19:00 WIB
MacKenzie Scott
Foto: istimewa
Jakarta -

Crazy Rich Jeff Bezos dan Mackenzie Scott saling beradu donasi. Pengumuman soal donasi keduanya disampaikan dalam waktu berdekatan. Adapun keduanya sudah bercerai sejak 2019.

Saat ini kekayaan Jeff Bezos ditafsir mencapai US$ 124 miliar atau Rp 1.922 triliun (kurs Rp 15.500). Sementara kekayaan Mackenzie US$ 29 miliar atau Rp 452 triliun.

Bezos mengatakan, sebagian sumbangannya akan disalurkan untuk memerangi perubahan iklim. Ia juga mendukung orang-orang yang proaktif menyatukan masyarakat dari perpecahan sosial maupun politik.

Meskipun, ia sendiri tidak merici ke mana uang donasinya akan mengalir. Tetapi ini adalah kali pertama Bezos mengumumkan rencana untuk menyumbangkan kekayaannya.

Sebelumnya ia menolak menandatangani Giving Pledge, sebuah janji dari kumpulan miliarder untuk menyumbangkan kekayaannya ke badan amal. Terbaru, saat ditanya apakah ia mau menyumbangkan sebagian kekayaannya, Bezos menjawab singkat.

"Ya, saya mau," katanya seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/11/2022).

Sementara itu, Mackenzie yang juga seorang filantropis juga mengumumkan soal donasi. Database sumbangan Mackenzie akan diposting segera, dan telah mencantumkan organisasi amal yang menerima bantuan, mulai dari sumber daya imigran hingga distrik sekolah.

Meskipun jumlah donasi spesifik tidak dipublikasikan, beberapa organisasi telah mengumumkan berapa banyak yang telah mereka terima dari dermawan. Bulan lalu, Girl Scouts of the USA mengatakan menerima sumbangan dari Mackenzie sebesar US$ 84,5 juta.

Mackenzie juga telah memberikan US$ 436 juta kepada Habitat for Humanity International dan afiliasinya pada bulan Maret untuk mempromosikan kepemilikan rumah di komunitas kulit hitam dan minoritas.

Mackenzie telah berdonasi hampir US$ 2 miliar atau Rp 31 triliun (kurs Rp 15.500) dalam 7 bulan terakhir. Sumbangan itu disalurkan ke lebih dari 300 organisasi. Tercatat 343 organisasi yang menerima sumbangannya adalah badan amal.

Dalam 7 bulan terakhir ia sudah menyumbang hampir US$ 2 miliar atau Rp 31 triliun. Sejak bercerai dengan Bezos, Forbes memperkirakan Mackenzie telah menyumbangkan US$ 14,4 miliar atau Rp 223,20 triliun ke lebih dari 1.500 organisasi.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT