Awas! Gaya Hidup ala 'BPJS' Bisa Bikin Kantong Bolong

ADVERTISEMENT

Awas! Gaya Hidup ala 'BPJS' Bisa Bikin Kantong Bolong

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 12:49 WIB
Young beautiful women shopping together, outdoors, smiling, using smartphone
Foto: Getty Images/Rossella De Berti
Jakarta -

Tak sedikit dari masyarakat saat terjangkiti 'BPJS' alias budget pas-pasan jiwa sosialita. Mereka ini terdampak gaya hidup para sosialita yang dekat dengan gaya hidup glamour dan secara ekonomi memang mampu.

Sosialita itu identik lingkungan eksklusif dengan gaya hidup mewah, arisan, ngerumpi, shopping barang mewah, tas bermerek, pakaian bermerek dari butik kenamaan hingga kendaraan mewah.

Sosialita atau socialite secara etimologi berasal dari kata sosial yang berarti pertemuan atau jalinan hubungan kemasyarakatan dan elite yang berarti orang-orang terbaik dan pilihan di suatu kelompok serta kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi, seperti bangsawan atau cendekiawan. Dalam konteks ini sosialita sangat dekat dengan socialite (social dan elite) yang merujuk pada keluarga kerajaan di Eropa yang selalu mendapatkan perlakuan VVIP.

"Sayangnya, dewasa ini banyak orang dengan uang terbatas gampang ikut-ikutan gaya hidup hedon dan glamour para kaum sosialita. Mereka ini nggak mau tampil seadanya seperti saldo di rekeningnya. Meme 'BPJS' pun bertebaran di berbagai media sosial sebagai bentuk sindiran pada gaya hidup kelas atas tetapi dana nggak cukup karena pendapatan yang memang nggak seberapa dan utang online pun berjibun," tegas Brand Manager IPOTFund dari PT Indo Premier Sekuritas, Octaviantika Benazir Kumala, Kamis (17/11/2022).

Menurut Octa, karakter orang seperti itu bisa merdeka dari gaya hidup itu dengan cara hidup yang sewajarnya dengan tahu pengelolaan keuangan dan investasi yang baik. Hal itu menjadi krusial dan harus menjadi perhatian utama.

Karena itulah, Indo Premier kembali menghadirkan acara edukasi terkait keuangan dan secara eksklusif edukasi investasi reksa dana melalui FestiFund 2022.

Acara tahunan dengan mengusung tema 'Let Your Money Make Money' menghadirkan acara eksklusif secara offline bernama Super Fun(d) Series pada Sabtu, 10 Desember 2022. Acara eksklusif offline ini cocok untuk investor yang berdomisili di Jabodetabek.

Sederet pakar keuangan dan investasi ternama akan membimbing sedikitnya 250 investor dari kalangan eksekutif ini. Di acara ini peserta Super Fun(d) Series bisa belajar langsung mengatur keuangan dan investasi reksa dana dengan praktisi yang expert di bidangnya.

Pakar yang dihadirkan yakni Financial Coach dan Financial Advisor Philip Mulyana dan Growth Consultant & Content Creator Jonathan End akan mengulas topik "Set Your Financial Goals & Study Case", Praktisi dan Inspirator Investasi No 1 di Indonesia Ryan Filbert dengan topik "Asset Allocation" dan Personal Finance Enthusiast Dani Rachmat yang akan membawakan topik "Cara Pilih dan Analisis Reksa Dana".

"Khusus untuk acara offline terbatas Super Fun(d) Series ini, investor IPOT wajib membeli produk reksa dana senilai Rp500.000 di IPOTFund dan setelah itu bisa belajar langsung cara mengatur keuangan dan investasi reksa dana dengan para pakar, mendapatkan cashback dan berkesempatan mendapatkan voucher konsultasi investasi (financial planning session) senilai Rp2.500.000," tandas Octa.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT