CEO Ruangguru Belva Devara Buka Suara soal PHK Ratusan Karyawan

ADVERTISEMENT

CEO Ruangguru Belva Devara Buka Suara soal PHK Ratusan Karyawan

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 21 Nov 2022 10:28 WIB
CEO & Co-Founder Ruangguru Adamas Belva Syah Devara
CEO & Co-Founder Ruangguru Adamas Belva Syah Devara/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara buka suara soal pemutusan hubungan kerja (PHK) pada perusahaannya yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Pernyataan itu disampaikan juga atas nama Iman Usman sebagai Co-Founder dan COO Ruangguru.

Pernyataan resminya disampikan melalui Instagram resmi @belvadevara. Ia mengakui bahwa PHK yang dilakukan perusahaannya berdampak pada ratusan karyawannya. Bersama pernyataan itu keduanya meminta maaf atas kegagalan prediksi dari perusahaan dalam mengantisipasi situasi ekonomi.

"Kemarin kami mengumumkan keputusan terberat yang harus kami ambil. Dengan berat hati, Ruangguru harus berpisah dengan ratusan anggota tim terbaiknya melalui pemutusan hubungan kerja. Kami meminta maaf atas kegagalan kami dalam memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat," tulisnya dikutip dari Instagram @belvadevara, Senin (21/11/2022).

Ia menyadari pada awal pandemi COVID-19, Ruangguru mengalami peningkatan permintaan yang besar yang berujung pada rekrutmen yang terlalu banyak dan cepat dalam dua tahun terakhir. Namun, situasi ekonomi belakangan ini tidak mendukung bahkan cenderung memburuk hingga berdampak besar bagi Ruangguru.

"Situasi ekonomi global belakangan ini memburuk secara drastis dan berada pada titik terendah dalam puluhan tahun terakhir, terlihat dari tingginya angka inflasi dan kenaikan suku bunga yang membuat iklim investasi dunia memburuk secara signifikan. Hal ini berdampak luas kepada komunitas startup teknologi global, termasuk kami di Ruangguru," lanjutnya.

Belva menjelaskan karyawan yang terdampak PHK akan mendapatkan pesangon, penghargaan masa kerja, penggantian hak sesuai UU, perpanjangan asuransi dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh.

"Kami pun mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus untuk memberikan dukungan pencarian pekerjaan, konsultasi psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan. Kami mengerti bahwa banyak perasaan marah, sedih, dan kecewa atas hal ini maupun terhadap kami secara personal, dan untuk hal tersebut, kami terima dan kami meminta maaf," tuturnya.

Sebagai informasi, pekan lalu Ruangguru menyampaikan telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya. Dalam keterangan resminya, Ruangguru menyatakan telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya. Iklim pasar global yang memburuk jadi alasan PHK dilakukan.

"Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," tulis penjelasan Corporate Communications Team Ruangguru yang diterima detikcom, Jumat (18/11/2022).

Perusahaan menyampaikan semua yang terkena PHK telah mendapatkan haknya sesuai aturan yang berlaku, mulai dari pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak misalnya ganti rugi sisa cuti.

"Semua dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," tulis penjelasan Ruangguru.

[Gambas:Instagram]



Lihat Video: Badai Resesi Picu PHK Massal, Begini Tanggapan Warga

[Gambas:Video 20detik]



(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT