Jokowi Blusukan ke Pasar Bareng Ganjar, Kaget Harga Minyak Goreng-Tempe Naik

ADVERTISEMENT

Jokowi Blusukan ke Pasar Bareng Ganjar, Kaget Harga Minyak Goreng-Tempe Naik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 21 Nov 2022 11:28 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Jokowi kemudian membagikan BLT dan berbincang soal harga-harga.
Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar./Foto: Biro Setpres/Muchlis Jr
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Pasar Malang Jiwan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Kunjungannya kali ini ditemani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Di sela-sela diskusi Jokowi bilang kunjungan ini dilakukan untuk meninjau kenaikan harga-harga barang di pasar menjelang akhir tahun. Biasanya, harga bahan pokok memang naik jelang akhir tahun.

"Ini kan akhir tahun, kita ngecek harga-harga barang di pasar," ungkap Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/11/2022).

Jokowi memaparkan ada dua barang yang mengalami kenaikan yaitu minyak goreng dan tempe. Bahkan, Jokowi mengaku kaget kenaikan harganya cukup besar bagi komoditas minyak goreng yang mencapai Rp 2.000 per liter.

Selanjutnya, ada juga kenaikan harga pada komoditas tempe. Jokowi tak menyebutkan berapa kenaikannya, hanya saja menurutnya harga kedelai yang tinggi di pasar menjadi biang kerok kenaikan harga tempe.

"Saya melihat harga tadi yang naik ada minyak (goreng) kaget juga saya tadi naik Rp 2.000. Terus tempe naik, memang kedelainya di harga Rp 15.000," papar Jokowi.

Dari fakta yang dia temukan hari ini, Jokowi menyatakan pemerintah akan mencari solusi untuk kenaikan harga. "Ya itu fakta di lapangan, nanti akan kita carikan solusinya," tegasnya.

Jokowi juga menyatakan kenaikan harga barang di pasar berbeda-beda di tiap provinsi. Maka dari itu, dirinya selalu menyempatkan diri untuk mengecek langsung ke pasar setiap melakukan kunjungan di berbagai provinsi.

"Kondisi setiap provinsi berbeda. Saya cek di Bali, ternyata berbeda dengan provinsi yang lainnya. Kita cek ini di Jawa Tengah," kata Jokowi.

Lihat juga video 'Jokowi Blusukan ke Pasar Badung Bali Bawa Media Asing':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT