Bos Ruangguru Akui Kebanyakan Rekrut Karyawan, Kini Terpaksa PHK

ADVERTISEMENT

Bos Ruangguru Akui Kebanyakan Rekrut Karyawan, Kini Terpaksa PHK

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Nov 2022 06:00 WIB
Ruangguru
Foto: Dok. Ruangguru
Jakarta -

Fakta mengejutkan terungkap di balik kejadian pemutusan hubungan kerja alias PHK besar-besaran dari Ruangguru. 'Bos' Ruangguru blak-blakan terlalu banyak merekrut karyawan dan kini justru melakukan PHK.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan COO Ruangguru Iman Usman dalam pernyataan resminya yang disampikan melalui unggahan bersama di Instagram resmi @belvadevara dan @imanusman.

Dalam unggahan itu, keduanya blak-blakan mengaku telah melakukan rekrutmen karyawan yang terlalu cepat dan banyak. Hal itu didorong oleh kondisi bisnis Ruangguru yang meningkat pesat di masa pandemi COVID-19.

Namun pada ujungnya situasi ekonomi terkini dirasa memberatkan Ruangguru, hal ini pun berdampak pada perusahaan. Maka dari itu pilihan PHK diambil demi mempertahankan bisnis perusahaan.

"Pada awal pandemi COVID-19, Ruangguru mengalami peningkatan permintaan yang besar yang berujung pada rekrutmen yang terlalu banyak dan cepat dalam dua tahun terakhir. Namun, situasi ekonomi belakangan ini tidak mendukung bahkan cenderung memburuk hingga berdampak besar bagi Ruangguru," papar Belva dan Iman dalam unggahannya, dikutip Senin (21/11/2022).

Belva dan Iman memaparkan ekonomi global belakangan ini memburuk secara drastis dan berada pada titik terendah dalam puluhan tahun terakhir. Kondisi buruk ini terlihat dari tingginya angka inflasi dan kenaikan suku bunga yang membuat iklim investasi dunia memburuk secara signifikan.

"Hal ini berdampak luas kepada komunitas startup teknologi global, termasuk kami di Ruangguru," lanjut keduanya.

Belva dan Iman pun memohon maaf telah melakukan PHK. Keduanya menyatakan PHK juga terjadi karena kegagalan perusahaan memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi.

"Dengan berat hati, Ruangguru harus berpisah dengan ratusan anggota tim terbaiknya melalui pemutusan hubungan kerja. Kami meminta maaf atas kegagalan kami dalam memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat," sebut keduanya.

PHK Ratusan Karyawan, baca halaman berikutnya



Simak Video "Ruangguru Benarkan PHK Ratusan Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT