Anggota DPR Cecar Kementan soal Food Estate, Ada Bukti Alsintan Mangkrak!

ADVERTISEMENT

Anggota DPR Cecar Kementan soal Food Estate, Ada Bukti Alsintan Mangkrak!

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 14:05 WIB
Personel Bhabinkamtibmas mengecek kondisi alat mesin pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah untuk petani yang terparkir di bengkel alsintan food estate Dadahup di Desa Bentuk Jaya, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (21/4/2021). Kementerian Pertanian akan mendistribusikan sebanyak 34.356 unit alat dan alsintan untuk mendorong produktivitas pertanian di tahun 2021 terdiri dari Cultivator, Hand Sprayer, Pompa Air, Rice Transplanter, Traktor Roda Dua serta Traktor Roda Empat. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Lumbung Pangan di Kalimantan Tengah/Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Jakarta -

Komisi IV DPR RI mencecar Kementerian Pertanian (Kementan) terkait program food estate atau lumbung pangan. Menurut sejumlah anggota Komisi IV, program tersebut tidak berhasil dan banyak mesin yang seharusnya digunakan malah mangkrak.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, mengatakan menurut data yang dia dapatkan bahwa banyak mesin untuk program pertanian hingga perkebunan food estate mangkrak. Ia meminta Kementan jujur untuk kondisi food estate di lapangan seperti apa.

"Masalah food estate ditanya harus ke Dirjen PSP. Saya ingin bertanya alat mesin pertanian mangkrak. Saya punya bukti, foto, saya minta kejujurannya. Saya tidak bicara salah satu benar. Kita mencari solusi jalan terbaik," ujar Sudin dalam rapat di DPR RI, Rabu (23/11/2022).

Kemudian pertanyaan itu dijawab oleh Direktur Jenderal Prasarana Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementan Ali Jamil Harahap. Ia mengakui bahwa memang ada mesin untuk food estate ada yang mangkrak. Hanya saja dia mengklaim mesin tersebut sudah diminta untuk dimasukkan ke bengkel.

"Menurut catatan kita ada yang mangkrak itu diarahkan untuk masuk ke gudang dan masuk ke bengkel," ujar Ali.

Kemudian, Sudin bertanya berapa jumlah mesin yang mangkrak tersebut. Namun Ali menjawab bahwa belum memiliki data baik jumlah hingga persentasenya. "Itu yang kita dapatkan ada yang mangkrak untuk segera..." ujar Ali.

Lihat juga video 'Gerindra Sebut Ada Menteri Ogah Buka Izin Lahan Buat Food Estate Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



Ada bukti foto food estate mangkrak. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT